UPT Perpustakaan dan Undip Press telah menyelenggarakan kegiatan re-akreditasi, yang merupakan agenda rutin 5 tahunan. Kegiatan ini diselenggarakan pada hari Kamis, 14 November 2024 pada pukul 07.30 WIB yang berlangsung secara hybrid atau penggabungan metode secara luring dan daring, dengan didukung oleh fasilitas Video Wall yang terdapat di Ruang Pertemuan UPT Perpustakaan dan Undip Press lantai 4.

Acara dibuka dengan sambutan oleh Wakil Rektor Sumber Daya Manusia, Teknologi Informasi, Hukum dan Organisasi yaitu Prof. Dr. Adian Fatchur Rochim, S.T., M.T. Beliau dalam sambutannya menyampaikan, “Asesmen akreditasi perpustakaan perguruan tinggi sebagai kesempatan berharga atas evaluasi pencapaian kerja selama ini untuk meningkatkan kualitas layanan. Semoga asesmen dapat menghasilkan kemajuan bagi Perpustakaan. Kami terbuka atas saran dan masukan dari asesor sehingga (kami) dapat memperbaiki diri dalam mencapai standar tertinggi layanan perpustakaan.”

Sambutan kedua disampaikan oleh Deputi II Perpustakaan Nasional RI yaitu Dr. Adin Bondar, S.Sos., M.Si. yang hadir secara daring melalui platform Zoom. Beliau menyampaikan bagaimana pentingnya peran perpustakaan saat ini dan harapan Perpustakaan Nasional khususnya untuk Perpustakaan Universitas Diponegoro dalam menjalin sinergi yang baik. “Atas nama perpustakaan nasional, penghargaan dan apresisasi atas pelaksanaan asesmen akreditasi UPT Perpustakaan dan Undip Presss. Peranan perpustakaan sangat strategis dalam proses pendidikan terutama mengintegrasikan layanan perpustakaan dengan lembaga serta perpustakaan di seluruh dunia. Profesi pustakawan menjadi bagian terpenting untuk menganalisis kebutuhan, sehingga dapat menyajikan layanan terbaik kepada sivitas akademika perguruan tinggi maupun bagi masyarakat. Transformasi perpustakaan tidak lagi memandang sebagai repositori atau ilmu pengetahuan tapi perpustakaan hadir sebagai ruang terbuka dan ruang kreatif untuk meningkatkan kualitas masyarakat. Pada akhirnya, model layanan yang kita kembangkan dapat meningkatkan mutu perguruan tinggi. Mencantumkan perpustakaan sebagai sistem jaminan mutu pendidikan dan mengusulkan akreditasi perpustakaan perguruan tinggi sebagai penjaminan mutu”.

Kegiatan berikutnya yaitu foto bersama dan dilanjutkan dengan ramah tamah. Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan laporan kegiatan perpustakaan yang disampaikan oleh Bapak Suwondo, S.Hum., M.Kom. selaku Kepala UPT Perpustakaan dan Undip Press. Pada pemaparannya, beliau menyampaikan terkait rencana untuk 5 tahun ke depan dan juga prestasi-prestasi yang telah dicapai baik dari UPT Perpustakaan dan Undip Press maupun perpustakaan fakultas.

Menjelang siang, Tim Asesor dari Perpustakaan Nasional dipandu oleh Kepala UPT Perpustakaan dan Undip Press, Bapak Suwondo, S.Hum., M.Kom. dan beberapa staf lainnya untuk Tur ke Perpustakaan Fakultas yang ada di lingkungan Universitas Diponegoro. Berikut perpustakaan yang dikunjungi Tim Asesor: Perpustakaan Sekolah Vokasi (SV); Fakultas Hukum (FH); Fakultas Ilmu Budaya (FIB), dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP). Tim Asesor disambut dengan baik oleh masing-masing Perpustakaan Fakultas, juga pejabat yang berwenang.

Kegiatan asesmen dimulai pada pukul 13.00 WIB. Selama berjalannya kegiatan, Asesor dari Perpustakaan Nasional RI, Bapak Renda Khris Ardi Artha, S.Sos., M.Si membuka kegiatan asesmen bersama dengan Direktur Standardisasi dan Akreditasi Perpustakaan Nasional, Dra. Made Ayu Wirayati, M.I.Kom., yang didampingi oleh Bapak Trimo Septiono, S.A.P.

Bapak Renda Khris Ardi Artha, S.Sos., M.Si mengajukan beberapa pertanyaan pada masing-masing komponen penilaian. Berikut adalah masing-masing komponen beserta pustakawan penanggung jawab: 1) Komponen 1 Koleksi, Ibu Haryani, S.Sos., M.IP.; 2) Komponen 2 Sarana Prasana, Bapak Sugiyanto, S.Pd.; 3) Komponen 3 Pelayanan, Dra. Anita Nurmasari dan Ibu Ana Faridatunniswah, S.Hum.; 4) Komponen 4 Tenaga, Ibu Romdha Nugrahani, S.Sos.; 5) Komponen 5 Penyelenggaraan, Bapak Suwondo, S.Hum., M.Kom.; 6) Komponen 6 Pengelolaan, Bapak Pujo Winarno, S.Kom.; 7) Komponen 7 Inovasi dan Kreativitas, Ibu Enny Anggraeny, S.S.; 8) Komponen 8 Tingkat Kegemaran Membaca, Ibu Sri Endah Pertiwi, S.Sos., M.IP.; 9) Komponen 9 IPLM, Bapak Sugeng Priyanto, S.Sos., M.IP.

Kegiatan ini dihadiri oleh 66 peserta, dan acara berakhir pada pukul 18.30 WIB serta berjalan dengan lancar.