Pengarang : Diah Kusumawati dan I Komang Wiarsa Sardjana

Penerbit : Gadjah Mada University Press. 2011

xiii. 207 hlm. Illus, tab.,bib.20 cm

 

DAFTAR ISI

Pengantar

Pendahuluan

Daftar gambar

Daftar Tabel

Bab I Manajemen Pemeliharaan Satwa liar

Bab II Manajemen Penyakit-penyakit Satwa Liar

Bab III Restrain dan kesejahteraan Hewan bagi Satwa Liar

Bab IV Elephantidae

Bab V Canidae

Bab VI Ursidae

Bab VII Tapiridae

Bab VII I Procyoridae dan Mustelidae

Bab IX Viveridae

Bab X Hyaenidae

Bab XI Felidae

Bab XII Giraffidae

Bab XIII Equidae

Bab XIV  Camelidae

Bab XV Primata

Bab XVI Amphibi

Bab XVII Reptilia

 

Hubungan antara hewan dan manusia bisa baik atau buruk tergantung dari bagaimana  manusia memperlakukan hewan, apakah hewan dianggap berjasa bagi kehidupan manusia ataukah hewan dianggap sebagai musuh manusia. Kalimat tersebut mengawali buku ajar ini yang merupakan bahan ajar untuk mahasiswa kedokteran hewan ataupun mahasiswa jurusan peternakan artinya persahabatan dapat terjalin meski untuk hewan liar sekalipun.

Dalam buku ini khusus membicarakan tentang memanage hewan liar dimulai dari restrain, handling hingga pemberian pakan yang berbeda dengan hewan ternak  atau hewan pemeliharaan (pet). Berdasarkan endangered  Spesies Act yang ditetapkan sebagai undang-undang (1973) dalam rangka menjaga pelestarian satwa liar agar tidak punah baik karena penyakit atau penanganan yang tidak sesuai serta perdagangan ilegal, maka buku ajar ini disusun. Sebagai seorang dokter hewan atau keeper harus memiliki pengetahuan dan ketrampilan agar perkembangbiakan serta perlindungan tempat-tempat suaka margasatwa dapat dilakukan dengan baik.

Beberapa satwa yang dibahas antara lain Elephantidae;  Canidae; Ursidae; Tapiridae; Procyoridae dan Mustelidae; Viveridae; Hyaenidae; Felidae; Giraffidae, dll, yang dibahas satu persatu dalam setiap pertemuan atau perkuliahan. Buku dilengkapi dengan gambar-gambar  “arsir” ini diharapkan mempermudah mahasiswa dalam mempelajarinya, namun tidak dalam bentuk warna. Maka alangkah baiknya apabila pada edisi berikutnya dilengkapi dengan foto-foto asli dan berwarna sehingga juga bisa menjadi bacaan yang menarik bagi masyarakat luas. (18092012-yy) ***