Pengarang       : Arifuddin

Subjek             : BAHASA INDONESIA-STUDI DAN PENGAJARAN

  PERGURUAN TINGGI-STUDI DAN PENGAJARAN BAHASA INDONESIA

Call Number    : 401.9 ARI n

Acc Number    : C. 2 – 118343/P/2011

Kode Kelas     : 401.9

Jenis                : BUKU TEKS

Bahasa             : INDONESIA

Kolasi              : xiv + 346 hlm. : 21 cm.

Penerbit           : Rajawali pers

Tahun              : 2010

Lokasi             : UPT Perpustakaan

ISBN – 978-979-769-285-8

Kata kunci: Bahasa Otak, Otak- Manusia

Peranan neuropsikolinguistik dalam produksi, persersi, pemahaman, dan pemerolehan bahasa sangat penting, memahami struktur, perkembangan dan cara kerja otak seseorang adalah kunci memahami cara dia belajar, termasuk belajar bahasa. Dalam system saraf manusia, otak merupakan pusat saraf, pengendali pikiran, dan mekanisme organ tubuh manusia, termasuk mekanisme yang mengatur pemrosesan bahasa, neuripsikolinguistik mengkaji hubungan antara bahasa, berbahasa, dan otak manusia.

Neuropsikolinguistik adalah kajian mengenai landasan biologis bahasa dan mekanisme otak yang berperan dalam pemerolehan dan penggunaan bahasa. Bahasa hanyalah alat komunikasi dan kecerdasan manusia merupakan hasil dari pertumbuhan yang cepat dan ukuran yang lebih besar dari otak manusia, apabila otak kita yang luar biasa ini merupakan sumber dari inteligensi, dan apabila inteligensi tersebut cukup kuat menandai perkembangan yang luar biasa dari spesies manusia, menjadi agak kabur untuk menyatakan bahwa bahasa sebagai alat komunikasi memeberi kontribusi bagi tingkat inteligensi manusia.

Produksi bahasa merupakan kebalikan dari pemahaman bahasa, meskipun kedua proses tersebut tidak melibatkan mekanisme yang terlalu berbeda, produksi bahasa memerlukan memori episodik dan memori semantic, terutama ketika seseorang ingin memproduksi ujaran berdasarkan pengalaman yang tertanam dalam memori. Proses belajar bahasa yang mencakup berbicara, dikenal dengan proses ekspresif, dan memahami suatu bahsa merupakan proses yang melibatkan peran neuron-neuron dalam serebral otak manuisa. Bahasa adalah salah satu naugerah Tuhan yang memungkinkan manusia untuk mengelola pikirannya dan mengendalikan pengaruh luar trehadap pikirannya.(yy-13062013)