KECERDASAN EMOSIONAL

Kecerdasan emosional atau yang biasa disebut sebagai Emotional Quotient (EQ) di dalam Wikipedia adalah kemampuan seseorang untuk menerima, menilai dan mengelola, serta mengontrol emosi dirinya dan oranglain di sekitarnya. Emosi yang dimaksud dalam EQ ini adalah emosi yang mengacu pada perasaan terhadap informasi akan suatu hubungan. Sedangkan, kecerdasan (intelijen) mengacu pada kapasitas untuk memberikan alasan yang valid akan suatu hubungan.

Kecerdasan emosional (EQ) tidak kalah penting bila dibandingkan dengan kecerdasan intelektual. Bahkan kecerdasan emosional sering dianggap dua kali lebih penting daripada kecerdasan intelektual dalam memberikan kontribusi terhadap kesuksesan seseorang. Ada lima pokok utama yang dibutuhkan dalam menilai kecerdasan emosional seseorang, yakni mampu menyadari dan mengelola emosi diri sendiri, memiliki kepekaan terhadap emosi orang lain, mampu merespon dan bernegosiasi  dengan orang lain secara emosional, serta dapat menggunakan emosi sebagai alat untuk memotivasi diri. (anita)

Adapun subjek yang berkaitan adalah :

EMOSI

PSIKOLOGI

PSIKOLOGI FISIOLOGIS

CINTA

GEMBIRA DAN SEDIH

KEBERANIAN

KERESAHAN

KESENANGAN

KETAKUTAN

MALU

PENGENDALIAN DIRI

SENSASI

SIKAP

PANDANGAN

SIMPATI

PRASANGKA DAN ANTIPATI

SAKIT

KEMATANGAN EMOSIONAL

 

BUKU BUKU YANG BERKAITAN :

  • Rahasia sukses hidup bahagia : kecerdasan spiritual mengapa SQ lebih penting daripada IQ dan EQ / SUKIDI 153.9 SUK R
  • The art of life revolution : perspektif baru memberdayakan kecerdasan emosional dan spiritual dalam mengubah hidup menjadi seorang pemenang / SANTOSO, Eko Jalu 153.9 SAN T
  • Applying emotional intelligence: a practitioners guide / APPLYING … 152 APP A
  • Taklukkan emosimu !: the way of emotional quotient for your better life / BRADBERRY, Travis; GREAVES, Jean.

 

JURNAL YANG BERKAITAN

  • Hubungan antara kecerdasan emosional dan konformitas kelompok teman sebaya dengan konsep diri remaja / INDRAYANA, Praditya ; HENDRATI, Fabiola dalam jurnal Persona : Jurnal Psikologi Indonesia vol 2 no 03 September 2013 halaman 199 – 207.
  • Konsep – diri, kecerdasan emosi dan efikasi diri / YAPONO, Farid ; SUHARNAN dalam jurnal Persona : Jurnal Psikologi Indonesia vol 2 no 03 September 2013 halaman 208 – 216.
  • Hubungan kematangan emosi dan konformitas terhadap agretivitas verbal / NURTJAHYO, Arief ; MATULESSY, Andik dalam jurnal Persona : Jurnal Psikologi Indonesia vol 2 no 03 September 2013 halaman 223 – 231.
  • Hubungan pola asuh demokratis dan kecerdasan emosi dengan perilaku prososial pada remaja / HUSADA, Anna Kurniawati dalam jurnal Persona : Jurnal Psikologi Indonesia vol 2 no 03 September 2013 halaman 266 – 277.
  • Hubungan antar self-efficacy dan kecerdasan emosional dengan kemandirian pada remaja / JANNAH, Ema Uzlifatu dalam jurnal Persona : Jurnal Psikologi Indonesia vol 2 no 03 September 2013 halaman 278 – 287