JUDUL                                   : BUKU AJAR SIFAT DAN DAMPAK NARKOBA

PENULIS                               : NUR ENDAH WAHYUNINGSIH

PENERBIT                            : UNDIP- PRESS

TAHUN TERBIT                  : 2013

JML HALAMAN                 : xiii, 138 p.

ISBN                                      : 978-602-097-356-2

DAFTAR ISI                          :

I. PENDAHULUAN

II. NARKOTIKA

III. PSIKOTROPIKA

IV. BAHAN BERBAHAYA LAINNYA

V. KELOMPOK RENTAN PENGGUNA

VI. KECANDUAN DAN TERAPI ADIKTIF

 

Jenis narkoba berdasar undang-undang dan golongannya antara lain adalah narkotika. Narkotika sendiri masih dibagi lagi menjadi tiga golongan, yaitu golongan I bersifat alami, golongan II semi sintetis, dan golongan III sintetis. Jenis narkoba kedua yang disebutkan dalam undang-undang adalah psikotropika yang terdiri dari empat golongan, jenis ketiga yaitu bahan/zat yang berpengaruh psikoaktif diluar narkotika dan psikotropika seperti misalnya inhalan, minuman alkohol, tembakau, karena alkohol dan rokok adalah pintu masuk penyalahgunaan narkoba jenis yang lain.

Selain dibedakan berdasar sifatnya, narkoba juga dapat dibedakan berdasar efeknya yaitu bersifat Depresan, bersifat Stimulan dan bersifat Halusinogen. Akan tetapi ada sejumlah narkoba yang tidak tergolong dalam tiga kelompok ini yaitu Entaktogen dan Kanabinoid. Beberapa zat yang tergolong dalam narkotika adalah heroin, opium, kokain, cannabis, metadon. Adapun zat yang tergolong dalam psikotropika adalah LSD ( Lysergic Acid Diethylamide), jamur ajaib, ecstasy, amfetamin, dan benzodiazepin.

Bahan berbahaya lain yang mempunyai efek kecanduan yaitu zat pelarut, penghirup, zat volatil, alkohol, steroid anabolik, nikotin. Ada kelompok-kelompok tertentu yang rentan terhadap narkoba. Bila terjadi kecanduan maka tindakan yang harus dilakukan adalah melakukan terapi adiksi, adapun tahapan terapi adiksi adalah penegakan diagnosis, detoksifikasi, rehabilitasi, dan yang terakhir adalah tahap resosialisasi. (anita)