JUDUL BUKU                      : AZAS – AZAS MANAJEMEN

PENULIS                               : DYAH HARIANI

PENERBIT                            : UPT UNDIP PRESS

TAHUN TERBIT                  : 2013

JUMLAH HALAMAN        : xii, 146 p.

DAFTAR ISI                          :

I. MANAJEMEN DAN RUANG LINGKUPNYA

II. MANAJEMEN DAN MANEJER

III. PERKEMBANGAN TEORI / PEMIKIRAN MANAJEMEN

IV. PERENCANAAN SEBAGAI SALAH SATU FUNGSI MANAJEMEN

V. PENGORGANISASIAN SEBAGAI SALAH SATU FUNGSI MANAJEMEN

VI. AKTUASI SEBAGAI SALAH SATU FUNGSI MANAJEMEN

VII. PENGAWASAN SEBAGAI FUNGSI MANAJEMEN 

Manajemen dibutuhkan oleh semua organisasi. Ada tiga alasan utama pentingnya manajemen yaitu untuk mencapai tujuan, untuk menjaga keseimbangan diantara tujuan tujuan yang saling bertentangan dan untuk mencapai effisiensi dan effektifitas. Tidak ada definisi manajemen yang digunakan secara konsisten oleh semua orang. Tetapi pada dasarnya pekerjaan manajemen dapat dilakukan melalui fungsi-fungsi manajemen yaitu : perencanaan, pengorganisasian, pengadaan staff, pengarahan, pengawasan, pembaharuan dan perwakilan, yang kesemuanya akan selalu ada dan melekat dalam proses manajemen yang dijalankan oleh manajer untuk mencapai sasaran tertentu dalam organisasi.

Ada dua aliran dalam manajemen yaitu aliran manajemen klasik dan aliran manajemen modern, juga ada dua pendekatan manajemen yaitu pendekatan system dan pendekatan kontingensi. Hal yang penting dalam perencanaan yang merupakan salah satu fungsi dari manajemen adalah yang dikenal dengan adanya  “ the basic question of planning” yaitu pertanyaan mendasar dalam perencanaan yang terdiri dari 5W+1H. Hasil dari perencanaan adalah rencana dan type atau jenis rencana. Perencanaan berdasarkan waktu pelaksanaannya terbagi menjadi perencanaan jangka panjang dan perencanaan jangka pendek. Dalam pelaksanaan rencana perlu adanya proses perencanaan strategic.

 Sedangkan pengorganisasian yang juga merupakan salah satu fungsi manajamen akan memadukan seluruh sumber-sumber yang ada dalam organisasi, baik sumberdaya manusia maupun sumberdaya lainnya kearah tercapainya tujuan organisasi. Dan proses pengaturan dalam organisasi tidak akan selesai  tanpa diikuti oleh fungsi aktuasi. Fungsi aktuasi merupakan gerak pelaksana dari kegiatan kegiatan yang berupa fungsi perencanaan dan pengorganisasian. Fungsi aktuasi inilah yang harus dilaksanakan oleh manajer dalam hubungannya dengan pegawai atau pegawai dibawahnya. Adapun fungsi manajemen yang terakhir dan amat penting adalah fungsi pengawasan, dimana dengan pelaksanaan fungsi pengawasan ini untuk menjamin agar hasil yang dicapai sesuai dengan rencana yang telah dibuat (anita).