Oleh : Sahala Hutabarat (14 April 2001/FPIK)

 Abstraksi

 Ilmu Oseanografi merupakan cabang ilmu yang relatif muda namun penting kegunaannya dalam mempelajari lautan dengan segala aspeknnya, merupakan perpaduan antara geology, geography, physies, chemistry, biology dan meteorology. Distribusi biota laut antara lain rumput laut, hutan bakau, terumbu karang, udang dan larva udang sangat ditentukan oleh kondisi iklim yang meliputi suhu, curah hujan dan angin.

Daerah terumbu karang mempunyai arti yang sangat penting dan strategis bagi ekosistem perairan, sehingga harus dijaga kelestariannya, karena dapat meningkatkan produklivitas perairan. Selain itu tingkat produktivitas perairan dipengaruhi oleh letak geografi dan sifat-sifat dari parameter fisika, kimia dan biologi perairan.

Indonesia yang 70% wilayahnya terdiri dari air, mempunyai potensi dan kekayaan laut melimpah, maka pengetahuan tentang laut dengan segala aspeknya perlu diberikan kepada seluruh masyarakat pada tingkat pendidikan. mulai Sekolah Dasar sampai Perguruan Tinggi, sehingga masyarakat mempunyai pandangan yang satria tentang pentingnya lautan bagi kehidupan dan kelangsungan hidup bangsa dan Negara. (YY)

 Kata Kunci : oceanografi; biota Laut,ekosistem perairan

Full teks Pidato Pengukuhan Guru Besar dapat didownload di http://eprints.undip.ac.id/283/