Harkrisyati Kamil atau yang lebih akrab di sapa mbak Yati (lahir 29 April 1953; umur 59 tahun) telah bekerja dalam bidang perpustakaan dan sistem informasi sejak tahun 1977. Seiring serah terima koleksi perpustakaan British Council kepada Kementrian Pendidikan Nasional, ia mengajukan pengunduran diri dari British Council di akhir bulan Maret 2006, setelah lebih dari 23 tahun memberikan pelayanan di sana.

Saat ini, mbak Yati adalah seorang pustakawan independen dan terlibat di berbagai kerja terkait kegiatan keperpustakaan dan informasi juga sebagai salah satu pengurus di Yayasan Pulih. Beliau juga merupakan ketua umum organisasi pustakawan terkemuka, Ikatan Sarjana Ilmu Perpustakaan dan Informasi Indonesia untuk yang kedua kalinya.

Mbak Yati aktif dalam berbagai kegiatan kepustakawanan dan juga membantu penyelenggaraan banyak acara kepustakawanan berkat jaringannya yang sangat luas. Ia juga ikut ambil bagian dalam tim kerja Pepustakaan Nasional untuk perancangan kompetensi pustakawan Indonesia.

Tahun 2011 yang lalu, mbak Yati turut membantu program Global Libraries Bill & Melinda Gates Foundation dalam mengidentifikasi penerima hibah untuk melaksanakan program yang akan meningkatkan kualitas hidup dengan meningkatkan akses gratis ke komputer dan Internet di perpustakaan umum di Indonesia.

Pendidikan

  • Jurusan Ilmu Perpustakaan, Universitas Indonesia, 1972-1981