Oleh Wilardjo (3 Februari 2001 / FK)

 Abstraksi

 Sebagian besar dari kasus kebutaaan oleh penderita retinopati didapat pada penderita Diabetes Militus. Di Amerika Serikat penyebab utama dari kebutaan orang dewasa sampai orang tua adalah oleh karena komplikasi penyakit Diabetes Militus. Dengan perubahan pola kehidupan ke arah modern diperkirakan pada tahun-tahun mendatang penyakit Diabetes Militus juga sebagia penyebab utama kebutaan di negara sedang berkembang, termasuk di Indonesia. Berbeda dengan kebutaan yang disebabkan oleh katarak yang dapat ditanggulangi, kebutaan yang disebabkan oleh komplikasi Diabetes Militus pada retina (Retinopati Diabetik) tiddak dapat ditingkatkan tajam penglihatannya dengan upaya apapun, terjadi buta permanen.

Diabetes Miliitus (DM) merupakan kelainan yang bersifat kronik, ditandai adanya gangguan metabolisme karbohidrat, lemak dan protein. Pada keadaan lanjut dengan kontrol yang kurang baik disertai adanya berbagai faktor yang berpengaruh dan bersifat dominan atau yang saling bertkaitan maka dapat terjadi kerusakan pembuluh darah besar (macrovaskuler) dan pembuluh darah halus (microvaskuler). Komplikasi microvaskluler ini dapat menyebabkan kelainan retina dari mata penderita (retinopati), ginjal (nefropati) dan saraf (neuropati). Akibat Retinopati Diabetik ini dapat menyebabkan kebutaan yang permanen

Pencegahan, menurut WHO tahun 1994 yang berkaitan dengan DM ada tiga tahap :

  1. Pencegahan Primer, dengan penyuluhan kepada masyarakat yang mempunyai resiko tinggi, dengan materi penyuluhan faktor-faktor yang berpengaruh terjadinya DM dan usaha mengurangi pengaruh itu
  2. Pencegahan Sekunder, yang disuluh adalah pasien baru, dengan materi penyuluhan pemahaman tentang penyakit DM, pemakaian obat, pengaturan makan dan kegiatan olah raga.serta tentang komplikasi DM kronik dan akut dan usaha-usaha menghindarinya.
  3. Pencegahan tersier, yang disuluh adalah pasien DM yang mengalami komplikasi dengan materi penyuluhan pemahaman tentang tujuan pengobatan komplikasi, rahabilitasi yang dapat dilakukan, kesabaran, ketaqwaan untuk dapat menerima keaadaan dan kenyataan hidupnya.(Jt)

 Kata kunci : kebutaan, retinopati diabetik

Full teks Pidato Pengukuhan Guru Besar dapat didownload di http://eprints.undip.ac.id/278/