Oleh Sri Redjeki Hartono (18 Desember 1995/ FH)

Abstraksi

 Sudah saatnya para ahli hukum, baik yang berkarya dan bertugas di bidang pendidikan di Perguruan Tinggi maupun yang bertugas di bidang penerapan hukum didalam masyarakat untuk menahan diri sejenak guna mengadakan observasi dan inventarisasi terhadap hasil-hasil perkembangan dan kemajuan ilmu, pengetahuan dan teknologi sejak lima decade yang terakhir ini dan bagaimana pengaruhnya terhadap hukum dan ilmu hukum pada umumnya. Perkembangan, pembaharuan dan pengembangan teknologi pada umumnya, memungkinkan mampu mengubah, memperbaiki dan mengakomodasikan bernagai kebutuhan/kepentingan umat manusia, untuk masa sekarang maupun yang akan datang, merupakan komoditi yang tinggi nilai ekonominya. Namun hal tersebut memungkinkan mengundang potensi pertikaian yang tinggi pula.

Mengantisipasi segala kemungkinan yang bisa terjadi dengan memberikan solusi sebagai langkah realisasi partisipasi hukum terhapad kemajuan dan perkembangan teknologi, dengan menyediakan perangkat hukum yang mampu mengatur dan menjaga keseimbangan, guna melindungi masyarakat.

Pada dasarnya hukum yang merupakan satu kesatuan nilai yang abstrak mencoba melindungi semua pihak di dalam masyarakat memberikan solusi:

Memberikan rambu-rambu dengan mengatur keseimbangan kepentingan berbagai pihak terhadap pemanfaatan komoditi baru, antara lain didalam peraturan tentang hak milik intelektual.

Memberikan pengakuan terhadap penemu, pencipta sebagai pemilik yang berhak antara lain dalam undang-undang tentang hak paten dan undang-undang tentang hak cipta.

Memberikan perlindungan terhadap kemungkinan pelanggaran hak dan sebagainyaterhadap semua pihak yang beritikad buruk, antara lain dapat diakomodir oleh undang-undang perlindungan konsumen, undang-undang persaingan sehat dan undang-undang usaha kecil. (Sbd)

 Kata kunci : Hukum bisnis, era teknologi

Full teks Pidato Pengukuhan Guru Besar dapat didownload di http://eprints.undip.ac.id/256/