Oleh Nurdjaman (18 Mei 1995/ FK)

 Abstraksi

 Histologi atau ilmu jaringan tubuh adalah ilmu dasar di Fakultas Kedokteran. Histologi bagian dari ilmu anatomi yang sering disebut microscopic anatomy, Penelitian yang dilakukan di Histologi, baik mengenai obat – obat tradisional dilakukan pada binatang percobaan dengan memperlakukan binatang percobaan, jaringan – jaringan yang jadi sasaran penelitian akan dapat diambi dan dibuat preparat histology untuk diteliti di bawah mikroskop.

Dari beberapa penelitian Histologi dengan sasaran “Kelenjar Timus Kelinci” dan bahan perlakuan yang digunakan ialah zat”Prostaglandin” Kelenjar Timus adalah salah satu dari organ dalam tubuh dikenal sebagai organ limfoid, organ ini bertugas memproduksi sel – sel dalam darah . Kelenjar Timus terletak di belakang tulang dada, didepan jantung.

Manfaat dari kelenjar Timus yang pernah dilaporkan dalam penelitian adalah Jaringan Timus dapat menolong fungsi imunitas pasien dan sanggup menolong tubuh melawan kanker, dapat mengurangi kambuhnya herpes labialis yang tidak respon terhadap obat lain, dapat mengembalikan fungsi imunitas pasien, dapat menyembuhkan pasien pseoriasis.—(Jk)—

 Kata Kunci: Histologi, Binatang Untuk Eksperimen, Kelenjar Timus

Full teks Pidato Pengukuhan Guru Besar dapat didownload di http://eprints.undip.ac.id/255/