Senin, 24 Juni 2024 Pustakawan UPT Perpustakaan dan Undip Press Suwondo, S.Hum., M.Kom. menjadi narasumber dalam kegiatan seminar. Kegiatan ini dilaksanakan oleh Dinas Arsip dan Perpustakaan Kota Semarang yang bekerjasama dengan Ikatan Pustakawan Indonesia Kota Semarang. Tema yang diangkat adalah Membangun Citra Profesional: Strategi Branding Untuk Pustakawan.

Pustakawan tidak hanya dituntut untuk menguasai pengetahuan dan keterampilan teknis perpustakaan, tetapi juga perlu membangun citra profesional yang kuat. Citra profesional yang baik akan membantu pustakawan dalam meningkatkan kredibilitas, menjangkau audiens yang lebih luas, dan ultimately, memajukan profesi pustakawan. Beliau menyampaikan beberapa strategi branding yang dapat dilakukan pustakawan untuk membangun citra profesional:

  1. Mengembangkan keahlian dengan memperdalam pengetahuan dan keterampilan
  2. Membangun networking dalam organisasi pustakawan, mengikuti kegiatan kepustakawanan serta berkolaborasi dengan pustakawan lain
  3. Proaktif di lingkungan kerja maupun masyarakat sekitar dan menyajikannya ke dalam sosial media kita.

Membangun citra profesional membutuhkan waktu, dedikasi, dan usaha yang berkelanjutan. Dengan menerapkan strategi branding yang tepat, pustakawan dapat meningkatkan kredibilitas, menjangkau audiens yang lebih luas, dan ultimately, memajukan profesi pustakawan.