Salah satu fungsi Perpustakaan Nasional (Perpusnas) adalah sebagai pusat jejaring perpustakaan yang hanya dapat diwujudkan jika seluruh perpustakaan di Indonesia dapat bersinergi dan bahu-membahu dengan Perpusnas mewujudkan layanan perpustakaan yang terbuka dan merata di seluruh wilayah tanah air. Salah satu bentuk implementasi pusat jejaring yang dilakukan oleh Perpusnas adalah Indonesia OneSearch (IOS). IOS merupakan sebuah portal satu pintu pencarian untuk semua koleksi publik yang dimiliki oleh perpustakaan, museum, arsip, dan sumber elektronik di Indonesia.

Fakta dan statistik perkembangan IOS sejak diresmikannya portal jejaring IOS pada tanggal 1 Maret 2016, tercatat pertanggal 26 Maret 2019 lebih dari 5.340 repositori yang dimiliki oleh 1.302 perpustakaan dari 1.071 instansi yang sudah tergabung dalam jejaring IOS yang bisa diakses melalui onesearch.id.

Berkaitan dengan itu, Perpusnas menyelenggarakan kegiatan Advokasi dan Urun Rembuk Interoperabilitas Sistem Informasi Antar Perpustakaan Indonesia tahun 2019. Kegiatan ini dimaksudkan untuk dapat berdiskusi, bertukar pengalaman, urun rembuk dan menyamakan persepsi terkait interoperabilitas sistem informasi dalam jejaring IOS. Kegiatan yang dilaksanakan di Hotel Arya Duta jalan KKO Usman & Harun 44-48, Jakarta ini dilaksanakan pada tanggal 27-29 Maret 2019 yang diikuti oleh lebih dari 100 peserta perwakilan dari perpustakaan yang telah menjadi anggota dalam jejaring IOS Perpusnas RI. Pada kegiatan ini UPT Perpustakaan Undip ikut berpastisipasi dengan mengirimkan pustakawan Suwondo, S.Hum., M.Kom.