dpr

8 orang anggota Komisi X DPR RI dan satu orang dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia melakukan dialog dengan Kepala Badan Arsip dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah, perwakilan kelompok dan komunitas perpustakaan Jawa Tengah, pimpinan perpustakaan kota Semarang, pimpinan perpustakaan perwakilan perguruan tinggi, dinas pendidikan dan kebudayaan Provinsi Jawa Tengah, perwakilan dari Rotary Club Semarang “Kunti” serta beberapa pejabat dilingkungan Barpusda Prov. Jateng.

Kegiatan kunjungan kerja spesifik bidang perpustakaan komisi X DPR RI di perpustakaan daerah provinsi Jawa tengah tersebut dilaksanakan di Gedung UPT Perpustakaan Daerah Jl. Sriwijaya 29 A Semarang. Adapun maksud dari kegiatan tersebut untuk mendapatkan masukan dan permasalahan yang dihadapi bidang perpustakaan di wilayah jawa tengah.  Beberapa permasalahan yang dikemukakan antara lain tentang perlunya penetapan anggaran untuk peningkatan jaringan internet di sekolah-sekolah; dana pengadaan mobil / motor keliling. Selain itu juga dibahas tentang perlunya peninjauan terhadap moratorium terutama untuk pustakawan atau pengelola perpustakaan, hal ini dikarenakan sebagian besar pengelola perpustakaan belum memiliki pendidikan kepustakawanan, serta mengantisipasi pengelola perpustakaan yang memasuki purna tugas.

Vena Melinda, artis dan salah satu anggota Komisi X DPR RI menyoroti tentang pengembangan layanan perpustakaan berbasis kearifan lokal dan keolahragaan agar kesan perpustakaan tidak hanya sekedar buku. Kepala UPT Perpustakaan Undip, Budi Setya Adhi, S.IP., M.A. menyatakan perlunya mempelajari konsep pembuatan aplikasi software untuk perpustakaan yang dilakukan oleh China, bahwa pembuatan aplikasi dilakukan oleh pemerintah yang dimanfaatkan oleh semua perguruan tinggi di China. (yy)