Pengarang : Matin

Impresum : Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 2013

ISBN : 978-979-769-601-6

Kolasi : xxii, 226 hlm, bib., grafik., tab., 21 cm

Kata Kunci : Pendidikan, pengolahan data, analisis kohort, sprague multiplier

 

Abstrak

Pendidikan merupakan proses seseorang untuk dapat menjadi lebih baik atau meningkat secara kualitas, sehingga diperlukan sumber belajar yang memadai. Terdapat beberapa sumber belajar yang dapat dipergunakan sebagai acuan salah satunya adalah buku. Buku ini disusun dalam rangka memenuhi salah satu sumber belajar dalam bidang pendidikan, yang baik untuk dimanfaatkan oleh para mahasiswa, peneliti, dosen dan para ilmuan yang berkecimpung di dunia pendidikan. Agar pendidikan dapat berjalan dengan baik dan lancar diperlukan perencanaan terlebih dahulu. Perencanaan pendidikan yang meliputi pengertian, konsep, kegunaan, kriteria dan pengelolaan data.  Sprague Multiplier Dan Analisis Kohort  menjadi alternative pilihan untuk dapat dipergunakan dalam penelitian dan penghitungan perencanaan.

Buku yang terdiri atas 11 bab ini banyak menjelaskan tentang beberapa sarana untuk penghitungan statistik penelitian, sehingga baik digunakan sebagai salah satu sumber penelitian. Pada setiap teori yang dibahas di berikan juga contoh penghitungan dan hasilnya sehingga semakin memudahkan peneliti dalam menentukan penghitungan dan perencanaan penelitian atau kajiannya. Menilai kelayakan dalam proses perencanaan menjadi bagain yang cukup penting untuk dipelajari karena dengan uji kelayakan maka seseorang dapat memprediksi apakah perencanaan tersebut baik dan dapat di implementasikan ataukah tidak. Artinya untuk menilai dan menentukan pelaksanaan suatu proses pendidikan (hlm. 171 – 178).

Rencana pendidikan itu merupakan bagian dari rencana pembangunan nasional atau hanya dokumen yang independen tetap merupakan penyajian tujuan, kebijakan, sasaran dan pengeluaran biaya yang disusun secara ringkas dan sistematis. Sebagai paket kegiatan memuat informasi tentang kegiatan apa dan siapa yang melaksanakan, dimana, sumber daya yang digunakan serta bagaima na keberhasilan tersebut dapat dinilai (hlm. 180).(24042015-YY)