Rabu 11 Pebruari 2015 Perpustakaan Undip dan Yayasan Putera Sampoerna mengadakan kegiatan Seminar Performance Based Leadership for Staff Performing Goals dengan tema “Peran Pimpinan dalam Meningkatkan Kinerja Staff” bertempat di Ruang Pertemuan Lt 1 UPT Perpustakaan Undip dari jam 09.00 – selesai. Selaku narasumber adalah Yurika Skripsianingrum, SE, AK., MM (Wakil Pemimpin Cabang BNI KCU Semarang). Peserta yang diundang dalam kegiatan seminar tersebut adalah Para Kepala Bagian Rektorat, Kepala Bagian Tata Usaha Fakultas, Program Pasca Sarjana dan Lembaga; Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) dan Kepala Sub Bagian Fakultas, Program Pasca Sarjana, Lembaga serta Unit Pelaksana Teknis (UPT) di lingkungan Universitas Diponegoro Semarang.

Kepala UPT Perpustakaan Undip. Dra. Wahyu Praptini dalam pengantar pembukaan menyatakan bahwa seminar ini bertujuan untuk :

1)      Memberikan informasi tentang layanan di UPT Perpustakaan  kepada peserta, 

2)      Menjalin silaturahmi di antara pejabat struktural Eselon III dan Eselon IV di lingkungan Universitas Diponegoro dengan UPT Perpustakaan.

3)      Menambah wawasan tentang peran pimpinan dalam meningkatkan kinerja staf

Pemaparan diawali dengan pembahasan deskripsi dan perbedaan tentang manager dan leader, kualitas inti leadership yang disampaikan  melalui metode ceramah, tanya jawab dan experience sharing. Diskusi yang menarik antara narasumber dengan peserta di antaranya mengenai sikap dan perilaku pimpinan dalam memberikan punishment terhadap staf yang kurang/tidak disiplin maupun pemberian penghargaan (reward)terhadap staf yang rajin dan berkontribusi positif terhadap instansi.

Nara sumber menjelaskan lebih lanjut tentang pemimpin adalah role model, sehingga harus memiliki sikap dan perilaku yang menjadi “panutan” atau contoh kehidupan sehari-hari di kantor. Seorang pimpinan sebaiknya juga menjadi pemimpin dan berperan dalam memanage dan memotivasi staf untuk meningkatkan kinerja sehingga dapat memberikan kontribusi positif bagi instansinya. (YY, RB)