Judul : Reef Fishes of the East Indies Volume I

Penulis : Gerald R. Allen ;   Mark V. Erdmann

Penerbit : Conservation International  Indonesia

Kolasi : xi + 195 hal ; 27 cm

ISBN : 978-0-9872600-3-1

Reef Fishes of the East Indies terdiri dari 3 volume buku yang disusun oleh Gerald R. Allen dan Mark V. Erdmann yang berisi informasi berbagai spesies ikan karang di Kepulauan Andaman, Myanmar, Thailand, Indonesia Kepulauan Christmas, Singapura, Malaysia, Brunei, Philipina, Papua New Guinea dan Kepulauan Solomon.

Pada volume I ini diterangkan tentang zoogeografi dari sebaran keanekaragaman  spesies ikan karang di wilayah tersebut.  Ikan karang tersebut terdiri dari 2.631 spesies dari 120 famili yang  didapat dari pengamatan selama 50 tahun. Spesies ikan karang meliputi ikan-ikan yang berada pada perairan dangkal pada kedalamam 0-60 meter.

Reef Fishes of the East Indies Volume I berisi tiga bagian kelompok ikan karang yaitu Hiu (Selachii), Manta (Batoidea) dan Ikan bertulang  (Teleostei).  Kelompok ikan Hiu (Selachii) terdiri dari Wobbegong Sharks, Bamboo & Epailette Sharks, Nurse Sharks, Zebra Sharks, Catsharks, Whaler Sharks dan Hammerhead Sharks (hiu kepala martil). Kelompok Manta terdiri dari Wedgefishes, Shark Rays, Stingrays, Eagle Rays dan Devil Rays.  Pada kelompok ikan bertulang terdiri dari 50 famili yang diterangkan lengkap dengan foto-foto berkualitas.

Reef Fishes of the East Indies Volume II masih melanjutkan dari volume I, yaitu informasi tentang cirri-ciri dan sebaran ikan bertulang (Teleostei) yaitu sebanyak 32 famili. Reef Fishes of the East Indies Volume III juga masih melanjutkan dari volume II, yaitu informasi tentang cirri-ciri dan sebaran ikan bertulang (Teleostei) yaitu sebanyak 25  famili. Pada volume III ini juga didiskripsikan berbagai spesies baru yang telah ditemukan. (eny)