Gerakan Teosofi didirikan pertama kali di New York Amerika Serikat pada tahun 1875 yang kemudian berkembang hingga berpengaruh di Indonesia. Organisasi Boedi Oetomo dan Indische Partij merupakan gerakan nasional yang dipengaruhi oleh Teosofi (hal. 1). Haji Agoes Salim dengan bukunya Tassaoef Dalam Agama Islam sebagai karya saduran karya Sjekh Sjarafoedin pernah menjadi anggota gerakan Teosofi ini juga. (hal. 17).

Teosofi merupakan gerakan yang membawa dampak positif maupun negative dalam pergerakan nasional Indonesia seperti yang dikatakan Akira Nagazumi dan John D. Legge. Dalam kata pengantar, penulis menjelaskan sekilas tentang perkembangan dan pengaruh teosofi di Indonesia.

Banyak kisah tokoh pergerakan Indonesia yang terpengaruh dengan gerakan teosofi hingga tiga dekade awal abad lalu (hal. 111) Buku yang mengisahkan awal mula munculnya gerakan teosofi dan perkembangannya serta kagiatan-kegaiatan yang dilakukan menjadi bacaan yang menarik tidak saja para mahasiswa jurusan sejarah tapi semua masyarakat yang menyukai perkembangan pergerakan nasional, sebagai penambah pengetahuan tentang sejarah pergerakan nasional.

Buku sejarah dari organisasi teosofi ini dilampiri dengan data peraturan teosofi dan susunan pengurus dari beberapa gerakan teosofi yang ada. Data-data yang dirangkum dalam lampiran sangat mendukung keakuratan isi buku ini karena merupakan hasil penelitian penulis untuk menyusun skripsi.

Dan akhirnya gerakan teosofi dapat berfungsi sebagai penjembatan perbedaan antara timur dan barat menyumbangkan pemikiran dan sebagai cikal bakal sejarah pluralism di Indonesia.*YY**

Judul

Teosofi, Nasionalisme dan Elite Modern Indonesia

Pengarang

Iskandar P Nugraha

Impresum

Jakarta; Komunitas Bambu, 2011

Kolasi

xxx, 210 hal., 24 cm.

ISBN

978-602-9402-00-1

No Klasifikasi

299.934

Subyek

TEOSOFI

DAFTAR ISI

 

Pengantar Penerbit

Pengantar Penulis

Pengantar David Reeve

Pengantar Sekretaris PB Perwathin

Catatan Mengenai Bahasa dan Ejaan

Daftar Singkatan

Daftar Tabel

1.       Prolog

2.       Gerakan Teosofi di Hindia sampai 1933

3.       Kegiatan Gerakan Teosofi di Hindia (1901-1933)

4.       Suatu Tinjauan Mengenai Pengaruh Gerakan Teosofi

5.       Kesimpulan

6.       Catatan John Inglesoon

7.       Catatan Jean Gelman Taylor

8.        Lampiran-lampiran

9.       Bibliografi

10.    Indeks

 

Tanggal Pembuatan

22 Mei 2013-05-22

Penyusun

Yuniwati BYPMYRR