Setelah berlangsung selama 12 tahun, telah terbukti bahwa otonomi daerah telah banyak membawa kemajuan dalam segala aspek, dan telah membawa perubahan yang signifikan pada banyak daerah Kabupaten dan Kota di Indonesia. Kemajuan daerah-daerah ini sangat penting artinya, karena secara integral akan memberi andil dalam kemajuan Negara Kesatuan Republik Indonesia secara keseluruhan.

Untuk mengetahui dan menyerap lebih banyak lagi aspirasi otonomi daerah, utamanya dari kalangan pelajar dan mahasiswa, Bapak Isran Noor selaku ketua Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) dan juga selaku Bupati Kabupaten Kutai Timur mengadakan Lomba Penulisan Otonomi Daerah untuk Untuk Tingkat Mahasiswa S2 dan S3, serta Dosen dengan tema “Otonomi Daerah untuk Penguatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)tanggal 1 April s/d 30 Juni 2013 (Tingkat Dosen, Mahasiswa S2, dan S3). 

Sebagai bahan kelengkapan informasi bersama ini kami sampaikan persyaratan sayembara dimaksud sebagaimana terlampir dan untuk informasi lebih lanjut dapat diakses melalui website http://isrannoor-otoda.com/info_sayembara.php. dan sebagai alternatif bacaan bagi peserta yang berminat mengikuti sayembara dimaksud di antaranya adalah Buku Politik Otonomi Daerah untuk Penguatan NKRI dan Buku Isran Noor dalam Perspektif Media karya Ir. H. Isran Noor, M. Si yang dapat diunduh pada laman http://www.isrannoor-otoda.com.