Oleh Ignatius Riwanto Sastromihardjo (22 Desember 1997/ FK)

 Abstraksi

 Pidato pengukuhan ini berjudul “Kecelakaan lalu Lintas Jalan Raya Penyebab Kematian Utama Usia Produktif, Suatu Tantangan Dalam Pencegahannya”. Dilatar belakangi korban kecelakaan lalu lintas jalan sangat tinggi dan merupakan penyebab kematian utama usia produktif muda. Usaha-usaha untuk menekan jumlah KLL ( Kecelakaan Lalu Lintas ), jumlah korban yang meninggal maupun luka telah dilakukan pemerintah ataupun masyarakat tertentu. Undang-undang N0. 14 tahun 1992 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) yang resmi diundangkan pada tanggal 12 Mei 1992 dan dinyatakan efektif berlaku 17 September 1993 bertujuan meningkatkan laju pembangunan juga usaha menekan jumlah KLL dan korban yang ditimbulkannya.

Tujuan penulisan merupakan pencegahan agar cedera yang terjadi sewaktu KLL tidak serius dengan memakai sarana keselamatan dalam berkendaraan. Pencegahan agar korban tidak jatuh dalam cedera fatal lewat pertolongan pra-rumah sakit yang cepat dan adekuat. Pencegahan agar kematian dan kecacatan yang serius bisa dihindarkan lewat peningkatan mutu pelayanan di rumah sakit.

Perguruan Tinggi lewat Tri Dharma mempunyai peran yang strategis dalam upaya pencegahan KLL. Perlu adanya Pusat Kajian/Penelitian Jalan Raya yang mengkaji segala aspek tentang jalan raya yang diharapkan bisa memberikan masukan pada pemerintah untuk perbaikan-perbaikan. Bersama RS Pendidikan memikirkan terbentuknya tim Gawat Darurat yang siap memberikan pertolongan musibah kecelakaan dalam jumlah banyak.(SEP)

 Kata kunci : kecelakaan, lalu lintas, kematian, rumah sakit

Full teks Pidato Pengukuhan Guru Besar dapat didownload di http://eprints.undip.ac.id/263/