Oleh : Sarjadi (3 Oktober 1992/ FK)

Abstraksi

 Kanker merupakan penyakit yang banyak ditakuti oleh manusia. Diagnosis kanker yang diberikan kepada berkepanjangan. Hal tersebut memang benar kiranya apabila kanker ditemukan pada stadium lanjut. Tetapi skenario tersebut akan berubah apabila ditemukan dalam stadium awal ataupun dapat dicegah pertumbuhannya.

Di dalam konteks penanggulangan penyakit kanker, pada dasarnya ada 4 kegiatan pokok yaitu : program pencegahan primer kanker, program pengobatan serta program perawatan poliatif dan bebas nyeri.

Kanker merupakan penyakit yang perlu diperhatikan sehingga penderitanya merupakan hal yang penting. Tujuan registrasi kanker ialah mengumpulkan dan mengelompokkan data penderita kanker, dalam populasi tertentu yang diketahui, dan menyediakan kerangka penilaian dan pengontrolan pengaruh kanker pada masyarakat. Regristrasi kanker ada 3 yaitu berdasar laboratorium (laboratory based), berdasar rumah sakit (hospital based) dan berdasar penduduk (population based)

Kanker menimbulkan ketakutan dan kesusahan, untuk itulah perlunya registrasi kanker. Kanker   menciptakan kepedulian sosial yang tinggi. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya organisasi sosial di dalam dan luar negeri yang bergerak di bidang kanker, yang melakukan kegiatan-kegiatan positif yang menunjang program penanggulangan kanker. Organisasi sosial dalam negeri yaitu Yayasan Kanker Indonesia(YKI)dan dari luar negeri yaitu WHO(World Health Organization).(IP)

 Kata kunci: kanker, registrasi kanker, penanggulangan penyakit kanker.

Full teks Pidato Pengukuhan Guru Besar dapat didownload di http://eprints.undip.ac.id/203/