Oleh : Sudjati (21 April 1994/FS)

Abstraksi

 Bagi suatu bangsa, bahasa mepunyai posisi yang sangat penting. Bahasa merupakan penjalin dan pengikat persatuan dan kesatuan bangsa, termasuk Indonesia. Namun kenyataannya, kita sebagai suatu bangsa, kadang-kadang lupa atau sama sekali tidak mau tahu betapa tinggi nilai bahasa kita. Kita tidak pernah mau belajar dari bangsa lain, seperti India, Philipina, Malaysia dan juga dari beberapa negara Afrika, yang pernah terancam perpecahan semata-mata karena persoalan bahasa.

Dalam pertumbuhannya bahasa cenderung mengalami perubahan yang muncul pada tatanan hidup dan kehidupan masyarakat pemakainya. Bahasa Indonesia sebagai wahana berkomunikasi dan bernalar, juga harus hadir dan sejajar dengan kemajuan ilmu dan teknologi. Akibatnya banyak pula kata-kata pungutan yang masuk ke dalam bahasa Indonesia, baik yang berasal dari bahasa-bahasa serumpun maupun dari bahasa asing, terutama dari bahasa Inggris.

Pesatnya perkembangan dan pertumbuhan bahasa Indonesia ini perlu adanya pembinaan dan perencanaan bahasa secara resmi. Pembinaan dapat dilakukan dengan cara pendisiplinan bangsa Indonesia dalam perilaku hidupnya agar pada gilirannya akan tercermin dalam perilaku berbahasanya. Penanaman sikap positif terhadap bahasa Indonesia sebaiknya diprioritaskan pada para pejabat [baik pusat maupun daerah] , para ilmuwan, tokoh-tokoh masyarakat, wartawan, dosen dan guru. Untuk mengadakan pembinaan dan pengembangan bahasa banyak hambatan yang dihadapi, anatara lain :

Adanya gejala bahwa banyak masyarakat kurang mengindahkan pemakaian bahasa Indonesia. Apakah ungkapan atau kalimat yang mereka pergunakan memenuhi kaidah kebahasaan [ Indonesia ] atau tidak., agaknya tidak menjadi masalah. Akibatnya banyak bermunculan konstruksi yang tidak sesuai dengan konstruksi bahasa Indonesia. Masalah kosakata, terutama yang sumbernya berasal dari bahasa asing, ada kalanya mengakibatkan tumbuhnya keterasingan, terutama bagi kaum muda. Banyak di antara mereka yang sama sekali tidak memahami makna atau pengertian kata atau istilah asing tersebut. (SBR)

 Kata kunci: bahasa- Indonesia; bahasa asing

Full teks Pidato Pengukuhan Guru Besar dapat didownload di http://eprints.undip.ac.id/206/