Oleh: Soedjarwo (9 September 1989/ FS)

Abstraksi

 Dalam bahasa Indonesia penjajaran kata mempunyai fungsi semantis. Beberapa fungsi semantis kadang dinyatakan oleh satu jenis penjajaran kata yang sama.Dalam kalimat bahasa Indonesia ada tiga macam sarana untuk membangun structural. Ketiga sarana itu ialah urutan kata, kata tugas, dan intonasi. Ketiga sarana itu berlaku juga dalam tataran frasa. Sarana pembangun hubungan structural frasa meliputi penjajaran, perangkaian dan persendian.

Kata perangkai digunakan apabila hubungan makna antara unsur-unsur dalam frasa itu tidak cukup jelas dinyatakan dengan penjajaran.

Frasa benda endosentris yang menyatakan hubungan milik sudah disebutkan bahwa hubungan itu dapat dipertegas dengan kata-kata milik, kepunyaan, dari dan klitika orangan – nya. Disamping itu, hubungan milik itu dapat dipertegas dengan menggeser pemilik ke kiri langsung di kanan termilik.

Ketidakjelasan yang diakibatkan oleh terbatasnya jangkauan pemeri kanan dapat dipertegas dengan penggeseran dengan disertai perangkaian, tanpa perangkaian atau peniadaan perangkai. (AFN)

 Kata Kunci: kata, penjajaran kata, frasa, perangkaian.

Full teks Pidato Pengukuhan Guru Besar dapat didownload di http://eprints.undip.ac.id/186/