Oleh S. Soenarto (27 Oktober 1990/ FK)

Abstraksi

Onkologi medik merupakan cabang onkologi klinik dan ilmu kedokteran penyakit dalam dengan tujuan utama studi daa pengelolaan dari segala segi aspek medik terhadap kanker dan pengobatan terhadap tumor dengan hanya menggunakan obat saja, baik tunggal maupun kombinasi. Lebih lanjut tujuan dari onkologi medik adalah penerapan strategi pengobatan terhadap berbagai penyakit keganasan pada orang dewasa dan anak-anak dengan pendekatan interdisipliner dengan lain cabang onkologi klinik. Onkologi adalah studi tentang tumor, sedang medik berarti berkaitan dengan tindakan pengobatan penyakit tanpa tindakan pembedahan,.

Cakupan onkologi sangat luas, tidak hanya satu macam, karena masing-masing jaringan dalam tubuh dapat terkena. Usaha pencegahan dan penggulangan kanker adalah dengan memperhatikan faktor resiko, karena terdapat dugaan kuat bahwa kanker adalah penyakit genetic yang disebabkan adanya kerusakan dalam struktur yang mengatur gen pengontrol mekanisme pembelahan sel. Faktor perubahan lingkungan juga memungkinkan insiden kanker, selain itu kanker tertentu diketahui disebabkan oleh parasit maupun virus, juga dapat disebabkan oleh bahan kimia.

Dasar pengobatan kanker dapat dibagi menjadi tiga bagian yaitu pengobatan yang ditujukan terhadap faktor penyebab, yakni pengobatan penunjang dan yang ketiga adalah pengobatan sistematis terhadap gejala. Tujuan pengobatan kanker adalah menyelenggarakan agar penderita mendapat pengobatan yang baik dan mudah guna mencapai kesembuhan atau meringankan penyakitnya. Kedua adalah dengan menyelenggarakan pengobatan dan pemantauan secara sistematik. Ketiga bila memungkinkan, utamanya dalam fase awal pengobatan harus dilakukan di pusat yang spesifik dimana pertimbangan pengobatan didasarkan pada pendekatan interdisipliner dan ilmu pengetahuan baru. (AN)

 Kata kunci : onkologi medik; kanker; tumor;

Full teks Pidato Pengukuhan Guru Besar dapat didownload di http://eprints.undip.ac.id/193/