Oleh Istiati Soetomo (29 Nopember 1990/FS)

Abstraksi

 Dua cabang dalam bidang sosiolinguistik adalah:

  1. Ilmu sosiolinguisti. Sosiologi bahasa Ilmu bahasa berkembang sejak 1911, dengan beberapa konsep yang dikemukakan oleh beberapa ilmuan. Konsep competence-performance mengilhami terciptanya ilmu interdisipliner, yaitu sosiolinguistik.
  2. Tata-lambang budaya dibagi dalam empat kelompok, yaitu kelompok lambang konstitusi (keagamaan/ kepercayaan), kelompok lambang kognisi (ilmu pengetahuan), kelompok lambang evaluasi (etika) dan kelompok lambang ekspresi (estetika).

Dikaitkan dengan dikotomi akal dan rasa dalam jiwa manusia, bahasa Indonesia sebagai lambang kebudayaan Indonesia dikembangkan sebagai bahasa akal, bahasa nalar didasarkan menjadi bahasa ilmu pengetahuan dan teknologi.Sementara bahasa etnik yang melambangkan budaya luhur, adalah bahasa yang cenderung berpusat pada tata dan rasa.

Bahasa-bahasa etnik yang melambangkan budaya luhur nasion-nasion tua, adalah bahasa yang cenderung berpusat pada tata dan rasa anak-anak daerah dari nasion tua itu, seperti Jawa, Sunda, Bali dan sebagainya. (EA)

 Kata Kunci : bahasa, sosiolinguistik

Full teks Pidato Pengukuhan Guru Besar dapat didownload di http://eprints.undip.ac.id/194/