Oleh Mohamad Dimyati Hartono (19 Mei 1990/ FH)

 Abstraksi

 Telekomunikasi dapat kita bedakan beberapa hal yang esensial seperti bentuk tingkah laku atau kegiatan yang dilakukan berupa pengiriman, penerusan dan penerimaan. Kemudian sistem atau cara dan sarana yang dipergunakan mempergunakan sistem kawat, radio, Serat optic, ataupun elektromagnetik. Sedangkan obyek kegiatan berupa tanda signal, tulisan, gambar atau suara dan lain–lain, telekomunikasi untuk dapat berhubungan antara satu orang / kelompok orang dengan yang lain melalui media telekomunikasi.

Melalui telekomunikasi dapat dijalin hubungan dan kerjasama, agar kerjasama dapat berjalan dengan tertib perlu ada peraturan atau hukum yang mengatur.

Telekomunikasi merupakan tingkah laku manusia, maka tidak akan lepas dari aturan atau hukum. Karena itu teknologi telekomunikasi secara filosofis tidak bisa lain kecuali harus diabadikan kepada masyarakat, maka pemanfaatan teknologi yang berujud tingkah laku manusia tidak dapat lepas dari aturan.

Tentang tingkah laku. Dengan singkat dapat dikatakan, pemanfaatan teknologi telekomunikasi ditentukan oleh hukum atau hukum sebagai factor penentu pemanfaatan teknologi telekomunikasi.–(IgnS)—

 Kata Kunci : hukum, telekomunikasi, teknologi

Full teks Pidato Pengukuhan Guru Besar dapat didownload di http://eprints.undip.ac.id/188/