Utama » Persyaratan dan Tata Cara

Persyaratan dan Tata Cara

Persyaratan dan Tata Cara Pendaftaran Ujian Kompetensi Pustakawan sebagai berikut :

Persyaratan Dasar

  • Minimal pendidikan S1 Ilmu Perpustakaan dan Informasi, atau S1 Ilmu lain ditambah lulus diklat Calon Pustakawan Tingkat Ahli (setara 628 Jam).
  • Bagi calon asesi (calon peserta uji) yang akan mengambil Klaster bidang Keahlian, maka harus telah Kompeten (lulus uji kompetensi) pada salah satu klaster bidang Pekerjaan.
  • Mengingat pembiayaan sertifikasi ditanggung oleh APBN maka kami mengutamakan bagi calon peserta yang telah berstatus pustakawan baik PNS maupun swasta

Tata cara pendaftaran

  1. Calon Peserta uji kompetensi (calon asesi) mengisi dan menandatangani formulir permohonan (FR-APL-01) dan formulir asesmen mandiri (FR-APL-02) sesuai klaster yang dipilih (unit apa saja yg diujikan per klasternya dapat dlihat pada point no. 3).
    • FORM APL-01 dan FORM APL-02 disesuikan dengan klaster yang anda pilih (lihat point no. 4)
    • penulisan nama jelas dengan huruf balok, sesuai yang tertera pada Ijazah
  2. Melampirkan kelengkapan dokumen pendaftaran :
    • Fotokopi Ijazah Ilmu Perpustakaan yang dilegalisir; atau Fotokopi Ijazah S1 Ilmu Non Perpustakaan ditambah Sertifikat Diklat CPTA, bagi peserta yang berijazah S1 Ilmu Non Perpustakaan
    • Fotokopi Surat Keputusan Pengangkatan Terakhir yang relevan/ Surat Keterangan bekerja dari instansi (bagi peserta yang telah bekerja)
    • Fotokopi bukti Identitas (KTP/SIM/Paspor) // harus sama dengan FR-APL-01
    • Pas Foto terbaru ukuran 3 x 4 sebanyak 2 lembar (bagian belakang diisi nama jelas dan nama klaster)
    • Materai 6000 (sebanyak 2 lembar)
    • Biaya Sertifikasi : (dana APBN)
    • Melampirkan Surat Rekomendasi/Izin, keterangan bekerja/pekerjaan
    • Membuat Riwayat Pendidikan/Pelatihan, Pekerjaan (DRH)
  1. Memilih klaster (paket uji) sesuai bidang pekerjaan:
    1. Pengembangan Koleksi Bahan Perpustakaan, unit yang akan diujikan:
      • Kompetensi Umum
        • Mengoperasikan Komputer Tingkat Dasar
        • Menyusun Rencana Kerja Perpustakaan
        • Membuat Laporan Kerja Perpustakaan
      • Kompetensi Inti
        • Melakukan Seleksi Bahan Perpustakaan
        • Melakukan Pengadaan Bahan Perpustakaan
    2. Pengolahan Bahan Perpustakaan, unit yang akan diujikan :
      • Kompetensi Umum
        • Mengoperasikan Komputer Tingkat Dasar
        • Menyusun Rencana Kerja Perpustakaan
        • Membuat Laporan Kerja Perpustakaan
      • Kompetensi Inti
        • Melakukan Pengatalogan Deskriptif
        • Melakukan Pengatalogan Subjek
    3. Layanan Pemustaka, unit yang akan diujikan :
      • Kompetensi Umum
        • Mengoperasikan Komputer Tingkat Dasar
        • Menyusun Rencana Kerja Perpustakaan
        • Membuat Laporan Kerja Perpustakaan
      • Kompetensi Inti
        • Melakukan Layanan Sirkulasi
        • Melakukan Layanan Referensi
        • Melakukan Penelusuran Informasi Sederhana
    4. Pemasyarakatan Perpustakaan, unit yang akan diujikan :
      • Kompetensi Umum
        • Mengoperasikan Komputer Tingkat Dasar
        • Menyusun Rencana Kerja Perpustakaan
        • Membuat Laporan Kerja Perpustakaan
      • Kompetensi Inti
        • Melakukan Promosi Perpustakaan
        • Melakukan Kegiatan Literasi Informasi
        • Memanfaatkan Jaringan Internet untuk Layanan Perpustakaan
    5. Perawatan Bahan Perpustakaan, unit yang akan diujikan :
      • Kompetensi Umum
        • Mengoperasikan Komputer Tingkat Dasar
        • Menyusun Rencana Kerja Perpustakaan
        • Membuat Laporan Kerja Perpustakaan
      • Kompetensi Inti
      • Melakukan perawatan bahan perpustakaan
      • Melakukan perbaikan bahan perpustakaan
  2. Peserta yang telah menentukan klasternya, selanjutnya mengisi formulir Asesmen Mandiri (FR-APL-02) untuk memastikan kesiapan awal dalam mengikuti uji kompetensi, setiap pertanyaan dalam formuliar APL-02 harus dijawab dengan (K), apabila masih ada yang (BK) peserta diharapkan mempelajari kembali materi yang terkait.
  3. Peserta melengkapi bukti (yang dituangkan kedalam FR-APL-02) sesuai klaster/unit kompetensi yang dipilih. Sebagai contoh misalnya untuk Unit:
  • Mengoperasikan Komputer Tingkat Dasar, bukti yang relevan sertifikat pelatihan komputer
  • Menyusun Rencana Kerja Perpustaakaan, bukti yang relavan: Produk (hasil pekerjaan)

Prinsipnya proses sertifikasi akan lebih mudah jika didukung dengan bukti yang cukup, memadai, valid, otentik, dan terkini dan yang terpenting dapat dibuktikan saat pelaksanaan Real Asesmen, (bagian umum akan mengecek kesesuain pada FORM APL-01 bagian 3 : Kompetensi dan Bukti Pendukung), sesuai dengan kriteria bukti VACS(valid, authentic, Current, Sufficient)

  1. LSP akan memverifikasi permohonan sertifikasi, dan peserta yang telah memenuhi persyaratan berhak untuk mengikuti tahapan berikutnya. Calon Peserta akan mendapatkan pemberitahuan tempat/lokasi dan waktu pelaksanaan melalui telepon atau email dan akan diumumkan melalui website http://pustakawan.pnri.go.id
  2. Selanjutnya Asesi melaksanakan asesmen sesuai jadwal yang telah disepakati, dan asesor memberikan rekomendasi kompeten atau tidak kompeten berdasarkan pengamatannya. Selain itu, bagi asesi yang dinyatakan belum kompeten dapat mengajukan keluhan/banding dengan mengisi FORM BANDING , kemudian disampaikan kepada LSP Pustakawan.
  3. Keputusan Hasil Sertifikasi, yang dilakukan melalui rapat pleno
  4. Pengumuman Hasil Sertifikasi yang akan diberitahukan melalui email dan telepon
  5. Penerbitan sertifikat Bagi peserta yang telah dinyatakan kompeten berhak mendapatkan sertifikat kompetensi
  6. Peserta yang telah mendapatkan sertifikat diwajibkan mematuhi Kode Etik Profesi

Berkas yang berkaitan uji kompetensi dapat diunduh di bagian DOWNLOAD