Utama » Buku Ajar, Resensi Buku

Hukum Perikanan (Buku Ajar)

Artikel dikirim oleh pada 5 Mei 2020 – 2:18 pm

Judul           : Hukum Perikanan (Buku Ajar)

Pengarang    : Amiek Soemarmi
Impresum     : Semarang: Undip Press

Tahun Terbit : 2016
Kolasi            : vi, 194 hal.;bib.; ilus.; 21 cm
ISBN              : 978-979-097-417-3
Kata kunci     : zona ekonomi eksklusif (ZEE); Undang-Undang Republik Indonesia No. 45 tahun 2009 tentang Perikanan;  pelabuhan perikanan

ABSTRAK

Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) dalam lingkup laut internasional berdampak pada sumber daya ikan milik bangsa indonesia yang semakin banyak dan besar dan sangat potensial sebagai penunjang peningkatan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat indonesia.

Pengelolaan perikanan tersebut telah diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia nomor 45 tahun 2009 sebagai perubahan dari Undang-undang nomor 31 tahun 2004 tentang Perikanan dengan penetapan 11 (sebelas) asas sebagai landasan tempat berpijak tingkah laku masyarakat dan ataupun pemerintah yaitu, asas manfaat; asas keadilan; asas kebersamaan; asas kemitraan; asas kemandirian; asas pemerataan; asas keterpaduan; asas keterbukaan; asas efisiensi; asas kelestarian dan asas pembangunan yang berkelanjutan (hal. 33-39). Berkaitan dengan hasil laut maka pelabuhan perikanan sebagai suatu paduan antara wilayah perairan wilayah daratan dan sarana-sarana yang ada di basis penangkapan ikan baik alamiah maupun buatan dan merupakan pusat pengmbangan ekonomi perikanan baik dilihat dari aspek produksi, pengolahan maupun pemasarannya (Hamim, 1983:3) menjadi salah satu definisi yang disitir penulis selain menyebutkan dari para pakar yang lain serta dari Departemen Pertanian dan Departemen Perhubungan.(hal. 85-87)   Buku ini juga membahas perihal pengawasan usaha perikanan dan pemeriksaan mutu hasil perikanan dilengkapi dengan proses dan prosedur yang dilakukan dalam bentuk flowchard.*** (29042020-yy)