Utama » Berita

Seminar Nasional Perpustakaan “Membangun Dan Strategi Meningkatkan Peringkat Institutional Repository”

Artikel dikirim oleh pada 7 Oktober 2016 – 11:41 am

Institusional Repository (IR) merupakan pangkalan data untuk menyimpan dan menyebarluaskan (diseminasi) karya intelektual/karya ilmiah yang dihasilkan institusi. Berbagai manfaat dari Institusional Repository pada perguruan tinggi selain mendukung Tri Dharma Perguruan Tinggi, juga sebagai sarana meningkatkan visibilitas, prestise serta akreditasi perguruan tinggi dan program studinya. Beberapa isu penting yang menyertai keberadaan Institusional Repository pada perguruan tinggi antara lain keterbukaan akses informasi (open access), plagiarisme, unggah karya ilmiah (publikasi karya ilmiah secara on line), dan sitasi karya ilmiah.

Oleh karena itu, Forum Komunikasi Pustakawan dan Pengelola Perpustakaan (FKP3) Universitas Diponegoro akan menyelenggarakan Seminar Nasional dengan tema Membangun dan Strategi Meningkatkan Peringkat : Institutional Repository pada :

Hari/Tanggal      : Selasa,  1 November 2016

Waktu                  : 08.00 – 15.30 WIB.

Tempat                : Hall Pertamina Dekanat Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro

                                Jl. Prof.Soedarto SH, Kampus Undip, Tembalang

dengan Narasumber :

Pembicara I         : Dr. Istadi, ST, MT  (Universitas Diponegoro)

Penggagas, pengembang dan pendamping Institutional Repository Undip yang membawa Undip sampai saat ini selalu menempati posisi teratas ASEAN pada Webometrics.

Pembicara II       : Drs. Ida Fajar Priyanto, MA,PhD (Universitas Gadjah Mada)

PhD Information Science dari University of North Texas ini seorang Pakar Ilmu Perpustakaan dan Informasi yang pernah menjabat sebagai Kepala UPT Perpustakaan UGM Periode 2002-2012.

 Pembicara III      : Prie GS (Budayawan)

 Selain seorang budayawan juga seorang kartunis, penyair, penulis, dan public speaker di berbagai seminar, diskusi, dan menjadi host untuk acaranya sendiri, baik di radio maupun televisi.

untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada poster di bawah ini :

seminar-nasional-repository