Utama » Profil

Struktur Organisasi

Artikel dikirim oleh pada 21 Maret 2012 – 7:29 am

UPT Perpustakaan merupakan unit pelaksana teknis di bidang perpustakaan yang berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Rektor dan pembinaannya dilakukan oleh Wakil Rektor Akademik dan Kemahasiswaan.

UPT Perpustakaan mempunyai tugas melaksanakan pemberian layanan bahan pustaka, kerja sama, dan pelatihan untuk keperluan pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan dapat menghasilkan pendapatan.

Dalam melaksanakan tugas UPT Perpustakaan menyelenggarakan fungsi:

  1. penyediaan dan pengolahan bahan pustaka;
  2. pemberian layanan dan pendayagunaan bahan pustaka;
  3. pemeliharaan bahan pustaka;
  4. pelaksanaan urusan tata usaha perpustakaan;
  5. pelaksanaan kerja sama dan pelatihan;
  6. pelaksanaan kegiatan yang menghasilkan pendapatan; dan
  7. pelaksanaan koordinasi dengan perpustakaan fakultas.

  1. Kepala UPT Perpustakaan bertugas sebagai pimpinan tertinggi di lingkungan Perpustakaan, memimpin seluruh kegiatan yang ada dan dilaksanakan oleh UPT Perpustakaan dalam rangka memberikan pelayanan yang optimal kepada pengguna sesuai dengan tugas dan fungsinya.
  2. Kepala Subbagian Tata Usaha bertugas memberikan pelayanan administrasi baik bagi staf maupun bagi sivitas akademika yang meliputi keuangan, persuratan, kepegawaian, rumah tangga, dan perlengkapan.
  3. Bidang Pengadaan Bahan Pustaka , bertugas menyiapkan data untuk pengadaan koleksi bahan pustaka yang dalam pelaksanaannya meliputi seleksi dan pengadaan, inventarisasi, dan pemeliharaan bahan pustaka.
  4. Bidang Pengolahan Bahan Pustaka, bertugas mengolah bahan pustaka khususnya buku dari awal hingga siap disajikan dan disebarluaskan. Dalam pelaksanaan kegiatan meliputi klasifikasi, katalogisasi, dan penyelesaian.
  5. Bidang Pelayanan Perpustakaan bertugas memberikan pelayanan koleksi bahan pustaka khususnya buku yang meliputi pelayanan sirkulasi, pelayanan buku tandon/deposit, dan pelayanan referensi.
  6. Bidang Pelayanan Dokumentasi dan Informasi bertugas memberikan pelayanan dokumentasi dan informasi kepada pengguna yang membutuhkan. Dalam pelaksanaan kegiatan meliputi :pelayanan serial, pelayanan koleksi khusus, dan pelayanan dokumentasi & bahan AVA.
  7. Bidang Kerjasama dan Publikasi Perpustakaan, yang dalam pelaksanaan kegiatan meliputi publikasi dan kerjasama perpustakaan.
  8. Layanan Perpustakaan Fakultas/Sekolah/Lembaga, merupakan pelayanan perpustakaan di Fakultas/Sekolah/Lemabaga yang ada di lingkungan Universitas Diponegoro.
  9. Kelompok Pustakawan, merupakan Forum Komunikasi Pustakawan di lingkungan Universitas Diponegoro.

Tinggalkan komentar!

Tuliskan komentar Anda atau berikan trackback dari website Anda. Anda juga dapat Comments Feed melalui RSS.

Tetap pada topic. Jangan lakukan spamming.

Anda dapat menggunakan tag HTML ini:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong> 

Website ini menggunakan Gravatar. Untuk mendapatkan avatar pribadi Anda, silakan register dan upload avatar Anda di Gravatar.