Layanan

UPT Perpustakaan Universitas Diponegoro memberikan layanan kepada sivitas akademika Undip dan kepada Masyarakat
umum. Adapun layanan yang disediakan oleh UPT Perpustakaan adalah:

  1. Layanan Referensi adalah layanan yang diberikan kepada pengunjung perpustakaan yang memerlukan bantuan penelusuran informasi dalam berbagai subjek dari berbagai sumber ataupun memberikan bahan rujukan pada koleksi lain sesuai dengan bidang/informasi yang dibutuhkan.
  2. Layanan Sirkulasi adalah layanan yang diberikan kepada pengunjung untuk dapat meminjam koleksi perpustakaan.
  3. Layanan Penelusuran Inforrnasi secara elektrorrik (Online Public Access catalogue/OPAc), yaitu layanan mandiri kepada pengguna perpustakaan berupa penyediaan komputer penelusuran katalog koleksi perpustakaan. Setiap lantai disediakan komputer OPAC untuk menelusuri koleksi perpustakaan.
  4. Layanan Koleksi Khusus adalah layanan yang diberikan kepada pengunjung untuk membaca di tempat atau memfotokopi sebagian koleksi Referensi, Karya Iimiah, Tandon dan Serial.
  5. Layanan Corparate Social Responsibilitg (CSR) adalah layanan yang disediakan perpustakaan atas kerja sarna dengan beberapa institusi di luar Undip yaitu berupa koleksi buku yang bisa dipinjarn, komputer untuk mengakses internet dengan ruang baca ber-AC. Layanan CSR yang dimiliki perpustakaan Undip adalah sehagai berikut:
    a. Nation Building Corner (kerjasama dengan Yayasan Hati Nurani Dunia)
    b. Sampoerna Corner {kerjasama dengan PT Putra HM Sampoerna)
    c. Pojok BNI (kerjasama dengan Bank BNI)
    d. Standar Nasional indonesia Corner (kerjasama dengan Badan Standar Nasional Indonesial
    e. Regional Information auilet {Kerjasama dengan World Bank)
  6. Layanan Penyebaran Informasi adalah layanan yang memberikan informasi kepustakaan yang baru terbit dan terseleksi kepada perorangan/sekelompok orang atau lembaga dalam bentuk:
    a. Penerbitan dan penyebaran Buletin Informasi Khusus (BIK), adalah terbitan UPT Perpustakaan yang berisi daftar isi majalah/jurnal koleksi
    Perpustakaan yang dikemas dalam bentuk buletin dalam bidang tertentu.
    b. Penerbitan dan Penyebaran Bibliograli dan Indeks, adalah penerbitan dan penyebaran karya ilmiah dosen serta koleksi UPT Perpustakaan dalam bidang-bidang tertentu yang berbentuk kumpulan bibliografi.
    c. Berita Pengolahan Buku adalah penerbitan dan penyebaran berita tambahan koleksi UPT Perpustakaan
    d. Warta Perpustakaan Undip, adalah penerbitan dan penyebaran WARTA PERPUSTAKAAN, berbentuk majalah sebagai wadah kreatifi.tas para pustakawan serta forum tanya jawab tentang dunia perpustakaan.
    e. Berita buku baru {display), yattu pemberian informasi adanya bukubuku baru yang dapat dilihat dan dibaca pada almari di.splag yang diganti secara periodik.
  7. Layanan Bimbingan Pengguna Perpustakan adalah layanan yang diberikan kepada pengunjung deagan memberikan petunjuk dan memandu pengunjung perpustakaan dalam menggunakan koleksi-koleksi dan alat bantu perpustakaan.
  8. Layanan Fotokopi adalah penyediaan layanan fotokopi.