Ditjen Penguatan Riset dan Pengembangan Kemenristekditi bekerjasama dengan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta menyelenggarakan Sosialisasi RAMA Repository dan ANJANI.  di Hotel Harper Yogyakarta pada tanggal 9-10 Oktober 2019 ini dihadiri oleh 50 perguruan tinggi yang berasal dari Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta serta beberapa perguruan tinggi dari luar Jawa. Pada sosialisasi ini UPT Perpustakaan Undip diwakili oleh Budi Setya Adhi dan Sugeng Priyanto, SS, MIP. Sosialisasi ini sebagai tindak lanjut dari Surat Edaran Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti Nomor: B/323/B.B1/SE/2019 tanggal 31 Mei 2019 tentang Publikasi Karya Ilmiah Program Sarjana, Program Magister, dan Doktor.

RAMA Repository (http://rama.ristekdikti.go.id/) merupakan repository nasional laporan hasil penelitian baik berupa skripsi, tugas akhir, proyek mahasiswa (diploma), tesis (S2), disertasi (S3) ataupun laporan penelitian dosen/peneliti yang bukan merupakan publikasi di jurnal, konferensi maupun buku yang diintegrasikan dari Repository Perguruan Tinggi dan Lembaga Penelitian di Indonesia.

Manfaat RAMA Repository adalah:

  1. Dengan mengintegrasikan Repository yang ada di perguruan tinggi dan lembaga penelitian, setiap penelitian yang sudah dilakukan di perguruan tinggi khususnya Tugas Akhir Mahasiswa dan Lembaga Penelitian dapat terhindar dari duplikasi dan plagiarism hasil penelitian.
  2. Rama akan terhubung dengan ANJANI (Anjungan Integritas Akademik) sebagai alat pendeteksi plagiasi nasional yang mengintegrasikan data dengan GARUDA dan SINTA.