BSN (Badan Standardisasi  Nasional),  yang memiliki wewenang menetapkan standar dengan ruang lingkup mencakup semua kegiatan yang berkaitan dengan metrologi teknik, standar, pengujian dan mutu menyelenggarakan seminar nasional standardisasi dalam perspektif pendidikan dan bisnis dengan tema : “Standardisasi Untuk Peningkatan Kualitas Hidup Dan Daya Saing Bangsa”. Seminar dilaksanakan di ruang pertemuan lantai I UPT Perpustakakaan Undip, pada hari Selasa, 16 Juni 2015, dengan 70 orang peserta dari Dinas dan Instansi terkait dengan penjamin mutu, pustakawan beberapa perguruan tinggi di semarang serta pustakawan dan dosen dilingkungan Undip. Pada sambutan pembukaan PR I Undip, Prof. Dr. Ir. Muhammad Zainuri, DEA menyatakan bahwa seminar sebagai scientific network di perpustakaan ini menjadi salah satu komponen yang memiliki nilai dalam menuju Undip research university tahun 2020.

Tiga orang nara sumber sebagai pembicara yaitu:

  1. Ir. Abdul Rahman Saleh, MSc, Kepala Pusat Informasi dan Dokumentasi BSN yang membawakan materi dengan judul Peran Standar dalam Aktifitas Pendidikan dan Bisnis (Standar sebagai Referensi), artinya kaitan antara fungsi dan manfaat standar sebagai bahan rujukan.
  2. Dr. Ir. Bambang Purwanggono, M.Eng,  Ketua Masyarakat Standardisasi Indonesia DPW Jawa tengah membawakan materi dengan judul: Standardisasi sebagai strategi dalam  Peningkatan Kualitas Hidup Dan Daya Saing Bangsa (perspektif pendidikan dan bisnis).
  3. Minanuddin Mas’ud, SIP, M.Hum dari pustakawan BSN dengan materi Standardisasi Dan Standar Bidang Perpustakaan.

Simpulan hasil dari diskusi yaitu (1) Perlunya sosialisasi tentang standar yang sudah ada di Indonesia, (2)Perlunya penjelasan prosedur perolehan standar yang ada di Indonesia, (3)Khusus standar perpustakaan perlu ada komunikasi antara BSN dan PNRI dalam penetapan standar perpustakaan dan kepustakawanan. (yy & eb)