Putera Sampoerna Foundation dan UPT Perpustakaan Undip menyelenggarakan kegiatan Seminar Inspiratif Strategi Meningkatkan Kemampuan Diri dengan  Tema  “Jurus  Jitu  Mendongkrak  Indeks  Prestasi  Akademik” pada tanggal 19 Mei 2015 di Ruang Pertemuan UPT Perpustakaan Undip. Acara Dibuka oleh Pembantu Rektor III Universitas Diponegoro Drs Warsito SU yang menyampaikan bahwa para mahasiswa harus bersyukur telah diterima di Undip dengan mengalahkan beribu saingan pada waktu mendaftar. Mahasiswa merupakan kelompok masyarakat yang berbeda dalam hal intelektual sehingga harus mampu memberikan pengaruh positif dan perubahan di masyarakat sekitarnya. Mahasiswa harus memanfaatkan fasilitas yang ada termasuk perpustakaan, jangan jadi mahasiswa kupu-kupu, kuliah pulang. Sedangkan Kepala UPT Perpustakaan, Dra Wahyu Praptini, memberikan keterangan bahwa seminar ini merupakan kegiatan yang kelima dari rangkaian kegiatan kerja sama dengan Putera Sampoerna Foundation. UPT Perpustakaan akan selalu berusaha meningkatkan infrastruktur dan layanan yang diberikan agar dapat membantu mahasiswa dalam meningkatkan kualitas dirinya.

Pembicara pertama yaitu Dr. nat.techn. Siswo Sumardiono, ST, MT (Dosen Teknik Kimia Undip /Dosen Berprestasi Undip) memberikan materi mengenai Strategi Sukses Studi di Perguruan Tinggi Dalam Menjawab Tantangan Era Global. Beliau mengatakan bahwa sarjana yang kompeten haruslah memiliki hardskill dan softskill yang baik. Undip sendiri menjabarkan dengan sarjana yang COMPLETE (Communicator, Professional,Leader, Enterpreuner,Thinker, Educator). Selain memenuhi persyaratan akademis universitas, mahasiswa harus mampu mengalahkan hambatan di dalam dirinya sendiri untuk meraih kesuksesan. Tips lainnya yaitu belajar yang tepat, manajemen waktu yang terarah, dan kembangkan soft skill dengan mengikuti organisasi.

Muhammad Gustiasa (Mahasiswa Jurusan Komunikasi FISIP Undip Angkatan 2012/Mahasiwa Berprestasi Undip Tahun 2015) selaku pembicara kedua, menceritakan beberapa pengalamannya selama kuliah dan memenangkan berbagai lomba yang diikuti. setiap semester selalu menuliskan target yang ingin dicapai dengan metode SMART (Specific, Measureable, Action, Realistic, Timeline). Selain itu dalam kegiatannya mahasiswa harus partner pengembangan diri yang terbaik. kelompok tersebut harus punya kesamaan interest dan pola kerja.

Foto-foto kegiatan dapat dilihat di link ini