Selasa, 28 April 2015 Forum Komunikasi Pustakawan dan Pengelola Perpustakaan (FKP3) Universitas Diponegoro menyelenggarakan seminar perpustakaan dengan tema “Peran Pustakawan dalam Melakukan Branding Perpustakaan”. Kegiatan ini diselenggarakan di Ruang Theater Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Undip dan diikuti oleh seluruh anggota FKP3 yaitu pengelola perpustakaan dan pustakawan dari seluruh jurusan/fakultas serta unit yang ada di Universitas Diponegoro.

Acara dibuka oleh Dr. Sunarto, selaku Dekan FISIP yang menyampaikan peran penting perpustakaan sebagai jantungnya perguruan tinggi dalam membangun budaya akademis. Selain itu Dra Wahyu Praptini, selaku Kepala UPT Perpustakaan, dalam sambutannya tidak lupa menyampaikan terima kasih kepada Dekan FISIP Undip yang telah memfasilitasi kegiatan FKP3 Undip yang ke 18 ini. Sebagai narasumber dalam acara ini yaitu

1. Agus Naryoso, S.Sos, M.Si (Dosen Public Relation jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Undip) dengan judul materi “Marketing Public relation for Library”

2. Sri Endah Pertiwi, S.Sos, MIP dan Ivana Permatasari, S.Sos (Pustakawan UPT Perpustakaan Undip) dengan materi “Peran Perpustakaan Dalam Generasi Gadget Era Digital).

Narasumber kesatu, Agus Naryoso, S.Sos., M.Si, memberikan materi mengenai apa itu brand perpustakaan, serta kegiatan yang terkait yaitu marketing, promotion dan public relations. Beliau mengharapkan perpustakaan lebih aktif dalam membangun brand karena fasilitas, koleksi dan layanan yang ada tidak akan termanfaatkan dengan maksimal oleh pemustaka apabila tidak tersampaikan kontennya kepada pemustaka. Selanjutnya narasumber kedua menyampaikan tentang apa itu generasi digital yang telah familiar dalam menggunakan gadget dalam mencari informasi serta tantangannya bagi perpustakaan. Kiat-kiat apa yang harus dilakukan oleh perpustakaan dalam memberikan layanan dan mengarahkan generasi ini.