Penelitian ilmiah adalah usaha menemukan, mengembangkan dan menguji kebenaran suatu pengetahuan dengan menggunakan metode-metode ilmiah. Sedangkan pengetahuan ilmiah adalah pengetahuan yang diproses menurut metode ilmiah dan memenuhi syarat-syarat keilmuan. Adapun metode penelitian adalah serangkaian kegiatan ilmiah yang dilakukan untuk mengobservasi suatu permasalahan, penggunaan teori pada metode penelitian  adalah untuk mencoba menguraikan, menjelaskan dan meprediksi sebuah fenomena.

Ada dua domain dalam suatu penelitian yaitu domain kualitatif dimana pengujian suatu teori  terdiri atas beberapa variabel, diukur dengan angka dan dianalisis dengan prosedur statistik dan domain kuantitatif didasarkan pada usaha membangun suatu gambaran yang kompleks dan menyeluruh, dengan menggunakan gambaran yang deskriptif, melaporkan pandangan-pandangan secara terperinci yang dilakukan dalam setting alamiah. Ada beberapa perbedaan signifikan antara penelitian kualitatif dan kuantitatif yaitu pada tujuan/maksud penelitian, proses penelitian, cara pengumpulan data, cara berpikir penelitian dan juga perumusan temuan.

Penelitian kuantitatif yang valid memiliki populasi yang cukup besar, makin banyak populasi yang menjadi objek penelitian maka akan semakin baik, akan tetapi tidak mungkin meneliti satu persatu dari keseluruhan populasi, maka dilakukanlah metode sampling dimana dengan metode ini peneliti memilih sample dari seluruh populasi yang ada. Sample adalah keseluruhan individu yang berhak diteliti dalam sebuah populasi dengan mempertimbangkan variabelnya (faktor dan aspek) penelitian.

Untuk memperoleh data yang dibutuhkan maka proses pengumpulan data dapat dilakukan cara melakukan questioner, adapun tujuan  questioner adalah memperoleh informasi yang relevan dengan tujuan survei dan untuk memperoleh data dengan reliabilitas yang tinggi. Sedangkan manfaat dari quesioner adalah untuk membatasi penelitian agar sesuai dengan hipotesa dan tujuan penelitian. Tahapan penelitian yang paling penting adalah tahap pengumpulan data dan analisis data penelitian, dalam tahapan ini peneliti diuji kecermatan dan kemampuannya untuk mensintesakan pikiran, memadukan data-data yang telah terkumpul dan menganalisisnya secara cermat.

Teknik pengumpulan data dalam penelitian dibagi menjadi dua jenis yaitu pengumpulan data primer dan pengumpulan data sekunder. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian kuantitatif menggunakan statistik yaitu statistik deskriptif dan statistik inferensial. Tahapan berikutnya dalam melakukan penelitian kuantitatif adalah harus melakukan kesimpulan dan interpretasi mengenai kondisi permasalahan, dengan jalan mengintepretasikan data dengan cara yang taktis dengan kalimat yang mudah dimengerti.

Ada beberapa cara mendeskripsikan kondisi permasalahan melalui sekumpulan data dengan cara menghitung dan mencari nilai mean, median dan modus yang dilakukan secara manual, tetapi seiring dengan perkembangan teknologi, dikenal perangkat lunak SPSS. Untuk melakukan uji hubungan antara dua variabel atau lebih serta melakukan ranking terhadap beberapa grup variabel, maka digunakanlah analisis deskriptif, uji T, Anova dan Chi Square. Sedangkan jika diketemukan kelompok variabel yang memiliki hubungan satu sama lain maka agar dapat menganalisis keterhubungan antara kelompok variabel tersebut maka diperlukan metode analisa uji korelasi dan uji regresi, dimana dalam uji regresi terdapat dua macam uji regresi yaitu regresi linier dan regresi berganda. (anita)

JUDUL BUKU  : BUKU AJAR METODOLOGI RISET DAN STATISTIK : METODE    PENELITIAN KUALITATIF DAN KUANTITATIF

PENULIS           : ERNI SETYOWATI

                             : BAMBANG SETIOKO

PENERBIT           : UPT UNDIP PRESS SEMARANG

TAHUN TERBIT   : 2013

JML HALAMAN    : xv, 236  p.

ISBN                    : 978-602-148-168-4

DAFTAR ISI

I. PENGERTIAN PENELITIAN ILMIAH

II. PERKEMBANGAN FILSAFAT DAN ILMU PENGETAHUAN

III. PARADIGMA PENELITIAN

IV. MACAM DAN JENIS PENELITIAN ARSITEKTUR DAN KOTA

V. PERMASALAHAN PENELITIAN DAN STRATEGI PENEMUAN PERMASALAHAN PENELITIAN DI BIDANG ARSITEKTUR DAN KOTA

VI. PERUMUSAN MASALAH, TUJUAN, LINGKUP DAN MANFAAT PENELITIAN

VII. KAJIAN PUSTAKA DAN HIPOTESA

VIII. RANGKUMAN MATERI METODE PENELITIAN KUALITATIF

IX. MACAM VARIABEL PENELITIAN, POPULASI, SAMPLE DAN METODE SAMPLING

X.TEKNIK PEMBUATAN QUESTIONER

XI. METODE PENGUMPULAN DATA DAN ANALISIS DATA

XII. PENGENALAN STATISTIK DALAM ARSITEKTUR

XIII. PENGENALAN STATISTIK DENGAN SOFTWARE SPSS,  ANALISIS DESKRIPTIF, UJI T, ANOVA, CHI SQUARE

XIV. UJI KORELASI DAN REGRESI

XV. ANALISIS FAKTOR DAN MULTI DIMENSIONAL SCALE

XVI. RANGKUMAN MATERI METODE PENELITIAN KUANTITATIF