Segala hal yang membahas tentang permukiman menjadi pokok bahasan dalam buku ini. Permukiman adalah sebuah lingkungan yang didalamnya terdapat sekelompok rumah tinggal yang memiliki sarana dan prasarana yang memenuhi syarat-syarat kehidupan yang layak dipandang dari berbagai segi kehidupan. Permukiman menjadi wadah yang menampung aspek fisik dan non fisik.

Ada beberapa elemen yang terdapat pada perumahan yaitu : shelter, house, housing, human settlement dan elemen, sedangkan elemen yang terdapat pada permukiman adalah : alam lingkungan (nature), manusia (man), masyarakat (society), sarana (shells) dan jaringan prasarana (networks). Dalam pembangunan perumahan dan permukiman harus dilakukan oleh semua unsur pelaku pembangunan baik pemerintah, dunia usaha maupun masyarakat yang berkepentingan, baik yang berada ditingkat nasional, regional maupun lokal. Hal ini disebabkan karena tujuan dari pembangunan perumahan dan permukiman adalah menyelenggarakan pembangunan perumahan dan permukiman yang mengacu pada suatu kerangka penataan ruang wilayah, sehingga dapat berlangsung tertib, terorganisasi dengan baik, berdaya guna dan berhasil guna, sesuai dengan kebutuhan dan ketentuan yang berlaku.

Salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam pembangunan perumahan dan permukiman adalah tata guna lahan permukiman, karena tata guna lahan merupakan inti dari suatu perencanaan perkotaan yang menjadi arah bagi pembangunan kota. Hal ini agar dalam pengembangannya dapat meningkatkan perekonomian suatu wilayah, karena kawasan permukiman adalah kawasan inti yang seringkali mendominasi suatu kawasan perkotaan. Sehingga perlu adanya penanganan berdasar skala prioritas kawasan yang dikenal dengan penanganan kawasan permukiman prioritas.

Hal lain yang perlu diperhatikan dalam pembangunan perumahan dan permukiman adalah adanya pendataan permukiman, hal ini dilakukan agar memiliki gambaran tentang permukiman yang ada baik sarana dan prasarana maupun kondisi sosialnya. Selain itu juga harus memenuhi ketentuan yang diatur dalam Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) setempat yang ditetapkan dengan Peraturan Daerah. Juga pemenuhan persyaratan dasar perumahan, standar-standar permukiman, persyaratan kesehatan perumahan dan lingkungan permukiman yang harus dipenuhi.

JUDUL BUKU     :   BUKU AJAR PERANCANGAN PERMUKIMAN I

PENULIS              : TITIEN WORO MURTINI

PENERBIT            :  UPT UNDIP PRESS

THN TERBIT         : 2013

JML HLM             :  viii, 114 p.

 

DAFTAR ISI

I.    PENGERTIAN TENTANG PERMUKIMAN DAN UNSUR-UNSUR DASAR

II.   PERKEMBANGAN PEMBANGUNAN PERMUKIMAN DAN KEBIJAKAN PENDUKUNG

III.  TATA RUANG KOTA DALAM KONTEKS PERMUKIMAN

IV.  TATA GUNA LAHAN PERMUKIMAN

V.    LOKASI LAHAN UNTUK PERMUKIMAN

VI.   METODE PENDATAAN PERMUKIMAN

VII.  STANDART-STANDART PERMUKIMAN DAN UNSUR-UNSUR DASAR

VIII.  PROSES PERANCANGAN PERMUKIMAN

IX.    KEPENDUDUKAN

(anita)