Resensi : 

Ilmu kimia dalam proses aplikasi kehidupan sering digabungkan dengan teori fisis yang keduanya merupakan simbiosis. Buku berisi tentang teori kimia fisis ini banyak membahas proses kimia fisis yang dipergunakan sebagai bahan pembelajaran yang di peruntukkan bagi mahasiswa. Konsep-konsep yang dikemukakan telah meminimalis konsep-konsep yang tidak perlu karena lebih difokuskan pada pendekatan molekuler yang kuat.

Diawali dengan uraian tentang atom dan molekul, aktifitas dan equilibrium gas, reaksi-reaksi kimia, struktur elektronik  hingga resonansi maknetik  ke dalam 12 chapter, yang dalam kegiatan pembelajaran dibagi atas dua semester. Chapter  1 (satu)  sampai 6 (enam)  merupakan bahan pembelajaran pada  semester dasar atau semester pertama sedangkan chapter 7  (tujuh) sampai 12 (dua belas) sebagai bahan pembelajaran untuk semester berikutnya atau  semester dua. Uraian yang jelas pada setiap chapter disertai dengan rumus-rumus terkait  memudahkan mahasiswa  khususnya fakultas sain dan matematika maupun fakultas teknik kima memanfaatkan buku ini. Beberapa hal yang menjadi kelebihan buku ini adalah dengan menggunakan pendekatan baru hasil dari pengalaman mengajar di beberapa  universitas di Amerika utara, sehingga secara kualitas dapat dipertanggungjawabkan.

Physical Chemestry : A Modern Introduction/ William M Davis, Clifford E Dykstra. 2nd ed. New York: Prentice Hall. 2012. Xvii, 501 hlm., bib., ind, 27 cm

ISBN : 978-1-4398-1077-4

DAFTAR ISI

Preface

Acknowledgments

Authors

Guide for students

List of special examples

1.       World of Atoms and Molecules

2.       Ideal and Real Gases

3.       Changes of State

4.       Phases and Multicomponent Systems

5.       Activity and Equilibrium of Gases and Solutions

6.       Chemical Reactions: Kinetics, Dynamics, and Equilibrium

7.       Vibrational Mechanics of Particle Systems

8.       Moloculer Quantum Mechanics

9.       Vibrational-Rotational Spectroscopy

10.   Electronic Structure

11.   Statistical Mechanics

12.   Magnetic Resonance Spectroscopy

13.   Introduction to Surface Chemestry

Appendix

Answer to Selected Exercises

Index    (yy-20022014)