Yakuza, gangster, mafia atau apapun istilahnya yang senada dengan istilah kejahatan merupakan bentuk citra masyarakat Jepang. Citra Jepang yang telah berkembang sejak abad 18 merupakan pencitraan akan nilai-nilai feudal dengan system kepemimpinan terpusat, yang dikatakan oleh kelompok mereka sebagai warisan dari kaum samurai (ronin), yang memiliki peran besar dalam posisinya sebagai salah satu kelompok penjahat dengan jaringan luas dan terorganisir dengan baik.

David E Kaplan dan Alec Dubro yang melalukan penelitian lebih dari 15 tahun telah mematahkan beberapa pendapat tentang citra Yakuza, sehingga buku ini sempat dilarang terbit di Jepang karena kekhawatiran menimbulkan persoalan. Dengan buku ini kita diajak untuk mengetahui aktifitas lain dari Yakuza yang terbayangkan selama ini.

Yakuza sebagai penjahat yang terhormat dan sepak terjangnya dimasa lalu dapat ditelusur pada bagian I dan II sedangkan untuk sepak terjang pada masa modern dapat ditelusur pada bagian III dan IV bagian ini.

Pembaca dimanjakan dengan catatan tentang beberapa kegiatan dari Yakuza yang diletakan pada tiap akhir bagian. Terlepas dari pergerakan yang mengarah pada kejahatan jaman modern (penjahat berdasi yang dilakukan pada abad modern, Yakuza telah mencatat sejarah duia hitam Jepang yang perlu dibaca oleh mereka yang bergerak didalam bidang sejarah, politik dan kejahatan (?) dalam hal ini juga bisa dimanfaatkan untuk sarana pemberantasan bagi pihak keamanan. *YY**

 

Judul

Sejarah Dunia Hitam Jepang : Yakuza

Pengarang

David E Kaplan dan Alec Dubro

Impresum

Jakarta : Komunitas Bambu, 2011

Kolasi

xxiv, 424 hal; 24 cm

ISBN

979-3731-70-2

No Klasifikasi

364.15

Subyek

1.       KEJAHATAN TERHADAP KEMANUSIAAN 2. JEPANG – PENJAHAT

DAFTAR ISI

 

Daftar Foto

Ucapan Terima Kasih

Pengantar Penerbit

Pengantar Penulis

Pendhuluan : Masuknya Yakuza ke Barat\

Bagian I : Penjahat Terhormat

Bagian II : Era Kodama

Bagian III : Yakuza Modern

Bagian IV Bergerak ke Luar Negeri

Penutup ; Yakuza Baru

Catatan Riset

Daftar Istilah

Daftar Pustaka

Indeks

Tanggal Pembuatan

10 Maret 2013

Penyusun

Yuniwati BYPMYRR