Forum Komunikasi Pustakawan Universitas Diponegoro ke-12 diselenggarakan pada hari Selasa 28 Mei 2013 oleh UPT Perpustakaan dan Fakultas Pertanian dan Peternakan Universitas Diponegoro bertempat di Ruang Serba Guna Lt 2 Dekanat Fakultas Pertanian dan Peternakan dengan mengambil tema “Pemanfaatan Komputer Tanpa Harddisk untuk Layanan Perpustakaan “ dengan pembicara Ir Karno, M.Appl.Sc., Ph.D serta Drs Ign. Suntoyo S.Sos.

Dalam penyampaiannya Ir Karno, M.Appl.Sc., Ph.D menjelaskan mengenai layanan informasi perpustakaan tanpa menggunakan hard disk sehingga dapat menekan biaya. Selain itu terdapat banyak keuntungan lain misalnya anti virus, tidak perlu install, irit daya listrik, tidak ada kerusakan harddisk , software dan tidak perlu perawatan khusus. Software yang digunakan adalah slitaz, software linux yang open source serta berukuran kecil sehingga tidak membutuhkan spesifikasi yang tinggi. Oleh karena itu teknologi ini sangat cocok digunakan oleh perpustakaan dan beliau telah mengaplikasikan di Perpustakaan FPP Undip sejak 2009.

Sedangkan Drs Ign. Suntoyo S.Sos dalam penyampaian materinya membawakan judul “Layanan Perpustakaan yang Humanis”. Beliau menjelaskan tentang pentingnya memberikan layanan perpustakaan yang harmonis dan humanis dengan sikap yang asertif kepada pemustaka. Selain itu perpustakaan perlu pula untuk mengadakan penelitian mengenai layanan yang diberikan apakah sudah memuaskan bagi pemustakanya.