Oleh Bambang Hartono (5 Pebruari 2005/ FK)

Abstraksi

Defisiensi yodium saat kehamilan dapat melahirkan kretine endemik serta gangguan kognitif dan psikomotorik yang bersifat menetap. Namun kerusakan ini dapat dicegah hanya dengan memberikan masukanyodium yang cukup pada menu makanan sehari-hari selama kehamilan. Kretin endemic merupakan bentuk kerusakan otak derajat berat [major brain damage] akibat defisiensi yodium selama kehamilan. Manifestasi klinik secara klasik adalah kretin nervosa, miksedematosa atau campuran keduanya. Patogenisnya adalah akibat hipotiroidisme maternal dan fetal yang mempengaruhi perkembangan otak janin. Namun kretin endemic bukanlah fenomena yang all or one.

Manifestasi klinik bentuk yang ringan [minimal brain damage] disebut subkretin, walaupun istilah ini belum secara luas digunakan. Gangguan perkembangan yang timbul meliputi bidang neuro-intelektual, yaitu kapasitas mental subnormal, gangguan psikomotorik dan gangguan pendengaran subklinik. Makin ringan defisiensi yodium makin ringan pula gangguan yang timbul, namun semuanya ireversibel. Karena pentingnya peran yodium serat hormon tiroid pada perkembangan otak, maka program penanggulangan GAKY [gangguan akibat kekurangan yodium] perlu mengupayakan kecukupan yodium khususnya pada kelompok resiko tinggi termasuk ibu hamil. Untuk itu cara yang paling aman bagi perkembangan otak adalah bila yodium diberikan pada wanita sebelum hamil atau wanita usia subur.

Kata kunci dalam program penanggulangan GAKY [gangguan akibat kekurangan yodium] adalah pendekatan multidisipliner, termasuk dalam esesmen, komunikasi, perencanaan, dukungan politis, pemantauan maupun evaluasi.Dimasa mendatang defisiensi yodium diproyeksikan akan selalu menjadi masalah kesehatan. Bidang ini merupakan bidang ilmu yang sangat menarik karena melibatkan banyak bidang ilmu kedokteran. Sedang di bidang ilmu penyakit saraf, defisiensi yodium menyangkut bidang neurologi perkembangan, neurolgy perilaku dan neurology sosial. (SBR)

 Kata Kunci: yodium, difisiensi, kretin-endemik

Full teks Pidato Pengukuhan Guru Besar dapat didownload di http://eprints.undip.ac.id/301/