Oleh kabulrachman (16 Juni 2001/ FK)

Abstraksi

 Pidato pengukuhan ini berjudul “Penyakit Kulit Alergik : Beberapa Masalah dan Usaha Penanggulangan”. Latar belakang pemilihan judul mengingat penyakit kulit alergik banyak dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan mempunyai permasalahan yang kompleks dan dapat menimpa penderita, keluarga maupun masyarakat luas. Penyakit kulit alergik (PKA) merupakan kelompok penyakit kulit yang didasari mekanisme alergi ( reaksi antigen-antibodi). Penyakit ini timbul akibat reaksi sensitisasi yang berlebihan. Penyakit ini meliputi dermatitis ( eksema) Atopik, Dermatitis Kontak Alergik, Reaksi Kulit Karena Obat (RKKO) dan Urtikaria ( bidur, Jawa).

Tujuan penulisan adalah memberikan informasi tentang masalah penyakit alergi pada masyarakat luas. Menularkan pengetahuan kualitas hidup pada penyakit kulit alergik. Menjabarkan focus perhatian pada Dermatitis Atopik (DA) atau Eksema Atopik. DA merupakan faktor prediksi bagi timbulnya asma. Memberikan pengetahuan tentang Dermatitis Kontak Alergik dan Penyakit Kulit Akibat Kerja ( PKAK) yang merupakan bagian dari kedokteran okupasi.

Simpulan pidato bahwa penyakit kulit alergik nampak mengalami kenaikkan angka kejadiannya yang pada gilirannya berdampak problema sosioekonomik, kinerja dan kualitas hidup. Kepastian mekanisme terjadinya penyakit kulit alergik perlu diimbangi peningkatan pengetahuan, penelitian dan ketrampilan tenaga kesehatan. Penanganan secara dini akan mengurangi resiko lebih berat di kemudian hari. Diharapkan ada kerjasama, kewaspadaan dan keterpaduan pihak masyarakat baik penderita, keluarga, petugas kesehatan dan dokter. (SEP)

 Kata kunci : penyakit kulit, alergi dermatitis atopik, dermatitis kontak alergik, reaksi kulit karena obat, urtikaria, bidur

Full teks Pidato Pengukuhan Guru Besar dapat didownload di http://eprints.undip.ac.id/285/