Ibu Murtini (lahir di Singaraja, Bali, 17 Agustus 1931; umur 80 tahun), dengan nama Ni Luh Putu Murtini. Menikah dgn Nyoman S. Pendit dan dikarunia 4 anak: Laxman, Brahm, Arkin dan Vina. Ia mengalami 3 jaman, yaitu zaman penjajahan Belanda dimana ia sempat bersekolah di HIS (Hollands Inlandsche School) kemudian di Setia Hati School sampai kelas 5, dan di jaman Jepang di Chu Gakko (SMP) selama 6 bulan karena Jepang keburu kalah perang. Di jaman perang kemerdekaan ia sempat turut dalam Palang Merah Indonesia. Setelah lulus SMP 4 tahun di Denpasar ia melanjutkan ke SMAN 1, Malang pada tahun 1950. Setelah lulus dari SMA pada thn 1953 ia pindah ke Jakarta untuk meneruskan ke Fakultas Sastra Universitas Indonesia dan mengambil Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris.

Keterlibatannya di dunia perpustakaan dimulai ketika pada pertengahan tahun 1956 ia membaca pengumuman yang menyatakan mencari tiga kandidat untuk dikirim ke AS belajar tentang bibliotheek. Tanpa pikir panjang, ia melamar dan diterima. Ia berangkat ke Amerika bersama dua kandidat lainnya, satu dari Perpustakaan Hukum UI dan satu lagi dari Maluku. Di AS dia kuliah di Library School, Columbia University di New York bersama kandidat dari Fak. Hukum UI itu sedangkan yang satu lagi ke universitas lain. Ia direncanakan untuk menjadi pustakawan di perpustakaan umum sehingga matakuliah yang diambil disesuaikan untuk itu. Pelajaran diselesaikan dalam dua setengah semester ditambah dua bulan praktek di perpustakaan SD dan SMA di sekitar Boston-Maryland.

Kembali ke Indonesia, ia bukannya ditempat kan di Perpustakaan Umum seperti rencana semula, tetapi diharuskan ikut mengajar di Sekolah Perpustakaan dari Kementerian P dan K yang setingkat akademi. Bahkan ia dijadikan Wakil Kepala Sekolah. Tugas ini harus dilaksanakan karena waktu itu Sekolah Perpustakaan sangat kekurangan dosen. Mahasiswanya sebagian pegawai negeri yang mendapat tugas belajar. Karena tenaga pengajar kurang ia harus mengajar beberapa matapelajaran, a.l. Reference, Klasifikasi dan Pengantar Ilmu Perpustakaan. Sungguh berat sekali, karena selain baru selesai kuliah dan tidak berpengalaman menjadi guru, juga sulit mendapatkan bahan-bahan yang berorientasi ke Indonesia. Bersukurlah sekolah ini berada satu gedung dengan Kantor Bibliografi Nasional, di Jl. Medan Merdeka Selatan 11. KBN lalu menjadi tempat meminjam buku-buku dalam bahasa Indonesia.

Beberapa mahasiswa yang pernah mengikuti kuliahnya di Sekolah Perpustakaan (yang kemudian berubah menjadi Jurusan di FKIP dan akhirnya menjadi Jurusan Ilmu Perpustakaan di FSUI), a.l. Hernandono, Sulistyo Basuki, Johnny Rompas, Sutitah Sudoyo, Sukarman, Basyral Hamidi Harahap, Made Mendera, Putu Daniel, dan banyak lagi yang tidak diingat namanya.

Selain jadi dosen, Murtini S. Pendit pernah menjadi editor di Penerbit Gunung Agung selama dua tahun, dengan tugas a.l. membantu Dr. O.G. Roeder menyusun buku Who is Who in Indonesia.

Pengalamannya menjadi pengelola perpustakaan yang sebenarnya dimulai ketika ia ditawari memimpin Perpustakaan Idayu sekaligus menjadi Sekretaris Pelaksana Yayasan Idayu. Pimpinan sebelumnya, Sutitah Sudoyo, mengundurkan diri karena akan bertugas di tempat lain. Ia sangat menikmati tugas mengelola Perpustakaan Idayu selama lebih kurang 13 tahun. Perpustakaan Idayu tidak hanya mengadakan pelayanan pinjam meminjam bahan perpustakaan, tetapi secara rutin mengadakan ceramah oleh tokoh-tokoh di bidang ekonomi, politik, sosial, kebudayaan bahkan militer. Juga menerbitkan majalah berita Bibliografi dan buku-buku hasil ceramah.

Setelah lebih dari 13 tahun mengabdi di Idayu (dua tahun terakhir sebagai Ketua Pelaksana) pada tahun 1985 ia mengundurkan diri dari Idayu karena ingin mencoba mandiri dengan menjadi konsultan nasional di bidang perpustakaan dalam program-program UNDP/ILO/World Bank. Setelah malang melintang sebagai konsultan, dia ditawari bekerja di Lembaga Demografi FEUI pada tahun 1991. Ia mengundurkan diri dari LD-FEUI pada tahun 2001. Sesekali masih ikut dalam proyek-proyek di bidang perpustakaan yang diselenggarakan oleh Perpustakaan Nasional sampai 2005.

Referensi

http://wikibrary.net/index.php?title=Murtini_S._Pendit