Ismail Fahmi (lahir di Bojonegoro, Jawa Tengah, 04 Januari 1974; umur 38 tahun) adalah seorang tokoh dibalik perkembangan perpustakaan dijital dan jaringan perpustakaan dijital di Indonesia. Beliau juga adalah pengembang utama dari beberapa perangkat lunak perpustakaan antara lain IsisOnline dan Ganesha Digital Library. Kelak, sarjana elektro yang memiliki minat serius dengan pengembangan perpustakaan dijital ini, mengembangkan teknologi Semantic web di Perpustakaan Universitas Groningen semasa menjadi mahasiswa tingkat PhD di Universitas Groningen, Belanda. Hasil oprekannya tersebut sekarang berbuah sebuah situs yang menggunakan teknologi web semantic pertama di Indonesia: http://gressearch.com.

Ismail Fahmi merupakan sarjana elektro lulusan Institut Teknologi Bandung (ITB) dan mengambil tingkat pascasarjananya di Universitas Groningen, Belanda. Ismail juga memiliki ketertarikan dengan knowledge management, teknologi telekomunikasi, komputer dan Natural Language Processing (NLP).

Ismail melakukan riset tingkat PhD nya mengenai Natural Language Processing (NLP), dimana ia belajar bagaimana komputer bisa memahami bahasa alamiah manusia, dan dengan pengetahuannya ini komputer bisa memproses teks. Contohnya, dari sebuah string kalimat, komputer bisa mengetahui mana subjek, predikat, atau objek. Juga tahu sebuah kata itu kata benda, kata kerja, kata sifat, atau yang lainnya. Dengan kemampuan menganalisa teks ini, komputer akhirnya bisa mengolah dokumen yang tidak terstruktur, bukan berbentu data, menjadi data yang bisa dipahami oleh komputer.

Pendidikan

  • Teknik Elektro, Institut Teknologi Bandung, Bandung, Indonesia (1992-1997)
  • S2 Universitas Groningen
  • S3 Universitas Groningen

Referensi

Social media