Oleh Y.S. Darmanto (7 April 2001/ FPIK Undip)

 Abstraksi

 Ada lima jenis unggulan produk perikanan yang memepunyai prospek untuk dikembangkan dan ditingkatkan antara lain :

  • Industri Udang,

Udang dapat dieksploitasi melalui penangkapan dan budidaya. Produksi udang dari tahun ke tahun mengalami peningkatan. Perkembangan penyakit pada udang mempunyai dampak langsung terhadap negara pengimpor udang, sehingga negara tersebut mengeluarkan peraturan keras terhadap negara pengekspor.

  • Industri Ikan Tuna.

Perdagangan ikan tuna segar sangat menarik, karena mulai ikan tertangkap dalam waktu kurang dua hari telah sampai ke negara pengimpor. Ikan tuna segar dimakan dalam bentuk “Sashimi.

  • Industri Kepiting.

Permintaan kepiting terus meningkat baik dipasaran dalam negeri maupun luar negeri. Industri kepiting di Indonesia saat ini baru pada tahap penggemukan.

  • Industri Rumput Laut.

Rumput laut menghasilkan agar-agar, hidup diperairan laut dangkal dan mempunayai toleransi salinitas yang besar. Agar-agar dapat dimanfaatkan dalam berbagai bidang industri.

Peningkatan sarana dan prasarana penunjang industri perikanan seperti menambah kualitas armada penagkapan, membuat kapal penangkap ikan dan alat penangkap ikan yang sesuai dengan kondisi daerah, menambah jumlah pabrik es, memperbaiki tempat pelelangan ikan, membuat gudang-gudang pendingin, menambah alat transportasi yang dilengkapi pendingin.

Pelaku usaha perlu terus melakukan kesamaan visi dan misi untuk kepentingan bersama dalam satu bangsa, memperbaiki manajemen dan meningkatkan efisiensi, memantapkan konsistensi mutu, serta yang paling penting ikut dan mempunyai tanggung jawab terhadap peningkatan sumberdaya manusia dalam pengelolaan industri perikanan.

 Kata Kunci: ekspor, industri perikanan, rekayasa teknologi

Full teks Pidato Pengukuhan Guru Besar dapat didownload di http://eprints.undip.ac.id/279/