Oleh Noor Pramono (5 Desember 1998/ FK )

 Abstraksi

 Keberhasilan pembangunan bidang kesehatan tercermin pada usia harapan hidup wanita Indonesia. Tahun 2000 usia harapan hidup wanita Indonesia diperkirakan mencapai usia 70 tahun atau lebih. Pada tahun tersebut jumlah wanita berumur 45 tahun ke atas kurang lebih 20 juta dari 104 juta penduduk wanita atau 207 juta seluruh penduduk Indonesia. Penyakit degeneratif yang umumnya timbul pada umur 45 tahun ke atas adalah penyakit pada klimakterium, menopause dan postmenopause, misalnya sindroma klimakterium, penyakit jantung dan osteoporosis.

Usaha pembinaan kesehatan bagi manusia lansia dirintis dengan berbagai kegiatan yang bertujuan mencapai masa tua yang tetap produktif dan mandiri selama mungkin. Dalam usaha meningkatkan derajat kesehatan manusia lansia khususnya pada wanita dengan masalah atau penyakit degeneratif yang menyangkut menopause, tidak hanya dituntut untuk mengurangi atau menyembuhkan kelainannya, tetapi juga menjamin kualitas pada sisa hidupnya, demi kepentingan dirinya sendiri, keluarga, masyarakat maupun pemerintah.

Wanita lansia dapat mengalami gejala jangka panjang dan gejala jangka pendek dari periode menopause. Gejala jangka pendek dan jangka panjang dapat dicegah dengan pengobatan non hormonal maupun hormonal melalui terapi pengganti hormone (TPH) dengan mempertimbangkan cost effectiveness-nya sejak awal. Pengobatan non hormonal dianjurkan untuk hidup teratur, makan teratur dengan diet yang sehat, bebas rokok, kopi dan alcohol, latihan fisik, mengendalikan psikis dan tetap menjalankan aktivitas seksual. Dalam upaya meningkatkan kualita hidup wanita lansia sudah banyak klinik-klinik menopause yang didirikan oleh rumah sakit pemerintah maupun swasta, disamping itu Depsos juga telah mendirikan panti-panti werdha,namun belum dikembangkan adanya KIE . Untuk itu diusulkan adanya Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) dari petugas kesehatan dan masyarakat untuk dapat berperan dalam bidang kedokteran pencegahan, sedangkan pemerintah menindaklanjuti serta mndukung kegiatan tersebut. (Hyn)

 Kata kunci : Kualitas hidup, wanita, lanjut usia.

Full teks Pidato Pengukuhan Guru Besar dapat didownload di http://eprints.undip.ac.id/272/