Oleh : Soediro (17 Juni 1997 / FT)

Abstraksi

Getaran atau vibration, merupakan suatu gerak atau gerakan yang memiliki bermacam ragam, yang perlu dimengerti sebagai sarana menghadapi pengaruh yang ditimbulkan. Dalam dunia teknik terdapat pembagian tingkat pengaruh getaran/gelombang yaitu: (1). Menguntungkan; (2). tak berpengaruh; (3). Merugikan dan (4). Merusak.

Gemuruh kapal terbang yang hendak mendarat, gelombang yang menderu sepanjang masa dan menghantam pantai, mungkin tidak merugikan. Namun pengembangan tempat pemukiman memaksa mereka mendekat dengan sumber suara sehingga merasa terganggu atau dirugikan, gelombang jelas merusak pantai sedangkan gelombang pantai dan getaran gempa tidak saja merusak tetapi juga merugikan.

Penyelidikan menunjukkan bahwa disekitar pelabuhan udara terjadi sakit (ziektegevallen), angka keguguran kandungan, serangan jantung lebih besar prosentasenya dari daerah lain, serta dapat memperpendek umur manusia.

Beberapa cara untuk menanggulangi kebisingan antara lain : (1) perencanaan tata ruang/kota yang baik; (2) pemakaian bahan-bahan penahan bising yang tepat; (3) Bangunan/ konstruksi panahan bising; (4) sumber bunyi baru sebagai penanggulangan rasa bising. Adapun untuk menanggulangi dan mendayagunakan gelombang perlu dilakukan percobaan dengan berbagai bentuk penahan gelombang dengan menggunakan rumus-rumus tertentu serta memanfaatkan teknologi baru untuk pendayagunaannya.(YY)

 Kata kunci : getaran; bising; gelombang

Full teks Pidato Pengukuhan Guru Besar dapat didownload di http://eprints.undip.ac.id/259/