Oleh : Satoto (8 Nopember 1997/ FK)

 Abstraksi

 Sebagai rangkuman dapat disimpulkan bahwa Allah Tuhan Yang Maha Esa memberikan fitrah kepada setiap anak manusia, suatu potensi tumbuh-kembang yang optimal. DiserahkanNya kepada orang tua [ dan masyarakat ] untuk memelihara anak tersebut sebagai amanat [ titipan Allah ], dengan cara mengelola semua sumber daya [ lingkungan nurture ] yang disediakan Allah, agar anak tersebut kembali kepada fitrah yang telah ditetapkanNya.

Upaya utama bagi amanat Allah tersebut adalah asuhan dalam arti pemberian semua hak anak, khususnya hak hidup dan berkembang [ konvensi hak anak pasal 6 ayat 2 ], agar Hak-hak anak tersebut mencakup hal untuk mendapatkan makanan yang bergizi [dan halal] dan menjaganya agar tidak sakit sehingga pertumbuhan atau perkembangan jasmaninya optimal. Termasuk juga pendidikan atau latihan untuk mengembangkan kemampuan jasadiyah atau motorik, akliyah atau kognitif dan rokhaniyah atau moral, sehingga anak tumbuh dan berkembang mendekati fitrahnya, siap beribadah ke hadiratNya, menjadi khalifahNya, untuk melestarikan kehidupan dan memakmurkan alam ciptaan Tuhan.

Kondisi tumbuh kembang anak di Indonesia masih memerlukan perhatian yang cukup, karena masih banyak ditemukan tingginya angka gangguan pertumbuhan pada bayi dan anak balita, serta anak usia sekolah. Begitu pula masih ditemukan berbagai gangguan perkembangan anak. Sebenarnya Posyandu, BKB dan berbagai system pendidikan pra-sekolah dan sekolah dasar sudah tersedia secara luas di Indonesia, tetapi sayang belum dipadukan ke dalam system pelayanan yang komprehensif.

Kajian tumbuh-kembang anak usia dini [PAUD] layak dilaksanakan sebagai prioritas pengembangan sumber daya manusia di Indonesia. Kajian terhadap pengaruh berbagai factor terhadap pemeliharaan dan peningkatan tumbuh-kembang untuk pencapaian fitrah masing-masing anak usia dini perlu dilaksanakan dalam kajian multifaktorial yang mendalam. Kajian pengembangan model peningkatan tumbuh kembang khususnya bagi anak usia dini, hendaknya bersifat komprehensif, menjangkau seluruh lapisan sasaran primer kegiatan, sasaran sekunder dan terseier kegiatan.(SBR)

 Kata Kunci: tumbuh kembang anak; fitrah manusia.

Full teks Pidato Pengukuhan Guru Besar dapat didownload di http://eprints.undip.ac.id/260/