Oleh: Y. Warella (20 November 1997/ FISIP)

 Abstraksi

 Selama kurang lebih seratus tahun sejarah perkembangannya, Administrasi Negara telah mengalami berbagai pasang surut. Konsep dan teorinya terus berkembang. Salah satu misi utamanya sebagai “the guardian of public interes” dan memberikan pelayanan yang berkualitas kepada masyarakat dan ini telah menjadi obsesi yang selalu ingin dicapai. Untuk menangkap realitas sekarang maka horizon administrasi negara harus diperluas, perspektifnya perlu diperlebar.

Disamping memperluas horizon dan memperlebar perspektif, maka administrasi negara harus tetap setia pada tugas utanmanya yaitu melaksanakan fungsi-fungsi umum pemerintahan, pengembangan dan penegakan hukum, penyelenggaraan pembangunan dan melakukan pelayanan yang berkualitas pada masyarakat. Hal penting lainnya yang harus selalu dipelihara adalah mempertahannkan dan mengenbangkan semangat pembaharuan, semangat reformasi, doktrin progresif yang telah menjadi alasan keberadaannya. Semangat inilah yang membuat disiplin administrasi negara akan terus hidup dan berkemabang sesuai dengan kemajuan zaman.

Dalam kaitannya dengan kualitas pelayanan publik ini setiap negara berbeda karena berbeda situasi dan kondisinya mungkin mempunyai prioritas yang tidak sama. Telah banyak usaha yang dilakukan oleh pemerintah baik dalam penyempurnaan peraturan perundangan, penataan kelembagaan, perbaikan sistem dan prosedur, peningkatan kemampuan sumber daya manusia, penciptaan iklim organisasi melalui badaya kerja yang mendorong prestasi, penyediaan sarana dan prasarana yang lebih baik, pemberian reward dan punishment dan yang juga tidak kalah penting adalah berangsur-rangsur memperbaiki sistem penggajian aparatnya. Namun masyarakt masih merasa belum cukup dengan upaya-upaya yang telah dilakukan pemerintah tadi. Masyarakat menghendaki kualitas pelayanan publik harus terus diperbaiki dan ditingktkan. Kemitraan pemerintah dengan swasta juga perlu lebih dikembangkan.(SBR)

 Kata Kunci: pelayanan public, pemerintah, perundang-undangan

Full teks Pidato Pengukuhan Guru Besar dapat didownload di http://eprints.undip.ac.id/261/