Oleh Hartadi (25 April 1992/ FK)

Abstraksi

 Dunia saat ini berada dalam era globalisasi dan paling tidak apa yang terjadi di negara-negara maju akan mewarnai kehidupan generasi muda kita, termasuk budaya seks bebas yang pada akhirnya akan meningkatkan angka kejadian Penyakit Menular Seksual (PMS) Dengan meningkatnya arus turis yang datang ke Indonesia tidak mustahil diikuti pula dengan meningkatnya kegiatan pelayanan seks yang pada akhirnya akan meningkatkan angka kejadian Penyakit Menular Sekksual. Ditinjau dari segi kesehatan terdapat hal yang perlu memndapat perhatian khusus yakni diantara wisatawan yang datang ke Indonesia kemungkinan merupakan pejamu dari beberapa penyakit, khususnya Penyakit Menular Seksual.

Upaya pemberantasan PMS di Indonesia sudah dilaksanakan sejak tahun 1951 dan pada waktu itu lebih dititik beratkan pada sifilis dan gonore. Yang termasuk dalam kelompok PMS adalah : ”The Old veneral diseases” yakni gonore, sifilis, ulkus mole, limfogranuloma dan granuloma inguinale.

Penyakit lain yang ditularkan melalui hubungan seksual yakni uretritis non spesifik, herpes non genitales, kondiloma akuminata, trikomoniasis, kandidosis vaginalis, vaginalis non spesifik, moluskum kontagiosum, skabies, pedikulosis pubis dan AID.

Pada Orasi Ilmiah ini sesuai dengan judulnya dikemukakan beberapa PMS, penyebab-penyebab terjadinya PMS, perkembangannya, dan bagaimana cara pencegahan serta penanggulangannya adalah : Sífilis, gonore, uretritis non spesifik, herpes genitalis, AIDS dan hepatitis B karena dipandang persoalannya dimasa mendatang akan sangat menonjol.(Jt)

 Kata kunci : Penyakit Menular Seksual (PMS), Sífilis, gonore, uretritis non spesifik, herpes genitalis, AIDS, Hepatitis B

Full teks Pidato Pengukuhan Guru Besar dapat didownload di http://eprints.undip.ac.id/202/